Serunya Kegiatan Fingers Painting Bersama si Kecil

  
AsiaButterflyTraveler.com-Terkadang, aku senang memperhatikan apa yang ada di sekitar aku. Apalagi jika aku jalan-jalan. Beberapa hotel berbintang selalu menawarkan paket untuk anak. Pelbagai kegiatan ditawarkan termasuk fingers painting. Anak-anak sangat senang melakukan pelbagai kegiatan yang ditawarkan hotel dengan varian harga yang terjangkau.

Apa itu Fingers Painting?

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar fingers painting, tetapi ada diantara kita tidak memahami apa itu fingers painting. Dari namanya saja, kita sudah bisa memahami apa yang dimaksud finger painting; kegiatan yang dilakukan dengan jemari yang diberi warna. Jari-jari tersebut atau tangan bisa bebas mengekspresikan apa yang dilakukan. Biasanya, fingers painting dilakukan oleh batita. Mereka menggunakan jari mereka untuk melukis. Biasanya anak-anak senang sekali melakukan hal-hal dengan jemari mereka. Apalagi bermain dengan pewarna dan bebas melakukan eksperimen.

Cara Kerja Fingers Painting

Sistem kerja fingers painting sangat mudah. Itulah sebabnya batita cocok untuk melakukan kegiatan ini. Kegiatan ini sangat sederhana. Mereka tidak membutuhkan tools atau perlengkapan melukis. Sebab mereka hanya membutuhkan tangan mereka untuk melukis. Dimana sistem kerjanya, batita akan mencelupkan jemarinya ke dalam cat dan menggunakan jari untuk membuat objek pada selembar kertas  Sebenarnya fingers painting tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Untuk manfaat fingers painting dewasa akan dibahas tuntas di blog ngerumpi.

Bagaimana Proses Fingers Painting

Fingers painting bagi anak, kita harus menggunakan cat yang tidak beracun. Proses fingers painting ini, anak-anak (kadang dibawah dua tahun) akan memasukan jemari mereka ke dalam wadah dan melukiskan tangannya pada selembar kertas yang sudah disediakan. Di era covid-19 ini, pasti kita tidak bisa dengan mudah keluar masuk mall untuk mencari cat yang berkualitas bagus dan aman untuk digunakan batita.

Mengapa harus menggunakan cat yang berkualitas. Sebab, kita harus memilih cat yang tidak memiliki kandungan “racun.” Pasalnya, anak-anak (batita) mungkin tanpa sengaja menyentuh mulut mereka dengan jemari yang penuh dengan cat. Ya sudah dari pada pusing, kenapa tidak membuat cat khusus fingers painting sendiri di rumah. Cara dan bahannya sangat mudah sekali! Yuk, di catat.

Cara membuat Cat untuk Fingers Painting

Bahan yang dibutuhkan yakni:

  • Panci/wajan untuk memasak 
  • 1/2 cup tepung maizena 
  • 3 sdm gula
  • 2 cup air dingin 
  • Pewarna makanan 
  • Glitter (opsional) 
  • Spatula atau alat mengaduk 
  • Tempat penyimpanan kecil, seperti cup es krim dengan tutupnya
Cara Membuat Cat

  1. Campur semua bahan bersama di dalam wajan atau panci anti lengket berukuran sedang. Kemudian dimasak menggunakan api kecil selama 10-15 menit. Jangan sampai terlena dan gosong ya. 
  2. Diaduk terus adonan hingga lembut dan mengental. Apabila sudah mengental semuanya, angkat dan biarkan adonan mendingin. 
  3. Tempatkan adonan cat tersebut pada wadah-wadah kecil. Kemudian beri pewarna makanan. Simpan dan bisa digunakan kapan saja.   
  4. Bila ingin menggunakan glitter, tinggal tambahkan saja glitter yang sudah disiapkan. Namun jika menggunakan glitter harus memperhatikan agar anak-anak tidak memakannya.

Manfaat dari Fingers Painting

Anak-anak mudah melakukannya, sebab anak-anak tidak membutuhkan kuas atau krayon dalam menggamar. Mereka hanya butuhkan jari. Melukis dengan jari bagi anak batita sangat mudah. Sebab, mereka tidak perlu kuatir menggunakan pensil atau kuas dalam menggambar.  

Melukis dengan menggunakan jari juga bisa meningkatkan pengalaman sensorik. Sebab pengecatan jari melibatkan semua indera utama atau visual, pendengaran, kinestetik. Sehingga hal ini meningkatkan kemampuan sensorik pada anak-anak. Tidak hanya itu saja, fingers panting mampu latihan fisik yang sangat baik, sebab melibatkan otot-otot jari dan tangan, termasuk otot-otot bahu, leher, dan punggung. Ini membuatnya menjadi latihan pelatihan yang baik untuk anak-anak sebelum mereka mulai menulis.

Melukis jari membuat anak mengeksplorasi berbagai warna, sehingga tanpa disadari anak-anak belajar pengenalan warna. Kegiatan ini juga melatih anak-anak dalam mencampur warna dan mencoba kombinasi baru untuk membuat warna baru. Kegiatan ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan koordinasi mata-tangan pada anak-anak. Meskipun aktivitas ini terdengar sangat mudah, namun kegiatan ini melibatkan beberapa gerakan tangan yang rumit.



Be traveler as the way you are


XOXO

6 comments

  1. wah baru tau finger painting dari maizena dan gula..ide bagus nih selain melatih motorik tapi aman juga ya buat baby karena klo kemakan ya ga bahaya kecuali pakai glitter ya kak.. nice inpoh makasih kak..

    ReplyDelete
  2. Seru banget pasti. Bisa jadi ide yang asik selama di rumah saat ini. Biar gak mati gaya juga anak-anak di rumah

    ReplyDelete
  3. Finger painting bikinnya sesimple ini ya sista? Thank you pengen bikinin ponakan juga ah daripada beli mahal-mahal di mall dan belum tentu ada wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Finger painting ini berfaedah banget melatih motorik kasar dan halus pada anak batita ya Sis. Anakku suka sekali nih mewarnai gini, cuma bikin pewarna sendiri saya belum pernah. Bikin playdough dari tepung pernah hehe...

    ReplyDelete
  5. hihi lucu banget ya mba, jadi pengen coba juga sama ponakan. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  6. Seru banget ya finger painting sama bocah, bocah bahagia, bisa eksplorasi warna sekaligus bentuk tubuhnya yang nempel di media lain hihihi

    ReplyDelete