Indahnya Senyum Mama di Pura Taman Ayun Mengwi Bali

Pura Taman Ayun Mengwi Bali
AsiaButterflyTraveler.com-Keindahan Bali itu tidak bisa dilupakan begitu saja. Meskipun sudah berlalu dua tahun sejak mengunjungi Bali bersama Mama. Namun, kenangan itu seakan tidak lepas dari pelupuk mata. Ditambah dengan keindahan memori yang dipadukan dengan hasil jepretan photo amatir. Membuat kenangan itu seakan baru kemarin menginjakkan kaki di Pulau Dewata Indonesia itu. Aku baru tahu kalau di Bali memiliki Istana Taman Jepun, gegara baca blog sista Mutia ini. Next, aku bakalan berkunjung ke taman Jepun. Soalnya, aku hanya pernah berkunjung ke Pura Taman Ayun Mengwi Bali.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Keseruan Luar Pura Taman Ayun Mengwi


Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Ini baru kali pertama aku mengajak Mama liburan. Nah, liburan paling jauh ya di Bali ini. Maklum, Mama belum pernah menginjakkan kaki di Bali; sedangkan aku sudah berkali-kali. Aku pun mengajak Mama ke Bali sekaligus mengenalkan Mama pada “sahabat” dekat aku. Tentu saja, Mama merasa senang sekali. Berhubung, aku sudah berkali-kali ke Bali. Sehingga, apapun yang Mama inginkan, aku ikuti. Jadi, special agenda untuk Mama. Jadinya, aku juga tidak memiliki banyak kenangan photo kali ini hahaha. It’s all about Mama Time.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Mama merasa senang sekali, aku ajak pergi melihat pantai, gunung hingga taman. Kali ini, aku mau menceritakan pengalaman kami sewaktu liburan di Pura Taman Ayun Mengwi Bali ini. Driver sewaan kami untuk sehari explore itu datang menjemput di tempat kami menginap di Fashion Hotel Kuta Legian. Kesalahan besar mengajak Mama menginap di hotel area Kuta, pasalnya macet dan taxi susah sekali di dapat di jam macet; mereka tidak mau menggunakan argo. Sedangkan taxi online banyak menolak, alasannya macet. Jadi, bagi teman-teman yang ingin liburan di Bali untuk pertama kalinya, aku menyarankan jangan stay di area ini. Selain itu, lingkungan ini juga terlalu banyak bar. Paling nyaman stay di area Legiannya saja.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Mobil sudah menanti kami di depan lobi, ketika kami selesai sarapan. Aku dan Mama yang sudah bersiap pergi pun segera menuju lobi. Mobil melaju dengan kecepatan normal. Meskipun, terkadang berhenti lantaran macet. Pada akhirnya Taman Ayun Mengwi ini pun berada di hadapan kami. Aku berbicara pada Pak Supir, kalau kami di sini sekitar satu hingga dua jam saja. Aku maklum, karena Mama tidak terlalu suka berlama-lama di satu spot dengan alasannya capek dan panas. Maklum, Mama tipe orang yang suka ngerumpi atau mengurus bunga di tamannya. Sehingga, kalau urusan jalan-jalan dia gampang sekali hilang mood tanpa sebab hahaha. Beda banget dengan anaknya yang demen jalan-jalan, mungkin aku lebih dominan ke Papa. Kalau alm. Papa aku hobi jalan-jalan.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Rupanya masuk ke dalam Luar Pura Taman Ayun itu sistemnya bergantian atau apalah. Pasalnya, kami di suruh menunggu sebentar sebelum membeli tiket di loket. Kala itu, banyak sekali turis asing yang hendak masuk ke dalam Pura Taman Ayun di Bali ini. Kami menanti dengan sabar, hingga akhirnya kami diizinkan untuk membeli tiket dan membayar harga tiket sebesar Rp10,000 untuk harga domestik. Mereka menarik tarif berbeda untuk wisatawan manca negara. Berbeda dengan monkey forest yang harganya sama baik domestik maupun manca negara.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Berhubung pakaian kami panjang, jadi kami tidak ada halangan untuk masuk ke dalam. Perjalanan yang panjang untuk tiba di Pura. Berhubung banyak yang ngambil photo si spot gerbang pura pertama. Jadinya, kami pergi ke sisi kanan kami. Di sana ada tempat besar, rupanya tempat nyambung eh pertarungan ayam gitu (I don’t know the name). Memang tidak ada ayam asli yang dipertaruhkan di sana kala itu, hanya beberapa patung orang yang sedang melakukan kegiatan tersebut.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Setelah puas menjajaki, aku pun mengajak Mama ke tempat spot photo tersebut. Kemudian mengambil beberapa photo Mama. Terus Mama nanya, kamu mau photo nggak; Aku jawab nggak usah. Pasalnya, hasilnya pasti nyakiti hati hahaha. Soalnya, kemarin waktu ke Danau Batur, Mama mengambil photo aku tidak seperti permintaan aku. Padahal aku sudah menjelaskan secara rinci instruksi aku. Dari pada mood aku hilang, mending di tolak saja niat baiknya Mama.
Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Kami pun menjajaki Taman Pura Ayun Mengwi itu dengan riang. Meskipun tidak lama, Mama sudah mengeluh capai kakinya. Ya sudah, Mama aku carikan tempat untuk istirahat dan aku ingin explore sejenak. Meskipun, aku ingin menjelajahi lebih jauh. Namun, tidak tega juga meninggalkan Mama aku seorang diri, di tempat yang sepi. Pasalnya, beberapa turis yang berada di depan kami sudah menghilang ke beberapa titik. Mama meminta aku untuk balik saja ke mobil dan melanjutkan perjalanan.
Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Awalnya, aku sempat kesal sih. Maklum, biasanya bebas mau kemana saja, kali ini ada “ekor” jadi tidak boleh egois. Di sini, aku belajar untuk menghargai permintaan orang tua. Maklum, namanya juga Mama yang tidak terlalu suka jalan-jalan. Kalau pun di ajak ke Pantai yang ada di Bintan saja, selalu saja banyak alasan untuk menolak ikut. Apalagi ini di kota orang; bisa berabe hahaha. Apalagi Mama ku ini orangnya terlalu ramah, bisa bahaya diculik hahaha.


Sejarah Pura Taman Ayun Mengwi Bali


Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Sebagai daerah yang masyarakatnya beragama Hindu, Bali memiliki banyak Pura yang masing-masing memiliki kekhasan tersendiri. Pura di Bali tidak hanya sebagai rumah ibadah, tetapi juga objek wisata. Salah satunya adalah Pura Taman Ayun. Pura yang terletak di Desa Mengwi, Badung, apabila di pandang dari kejauhan; seolah-olah mengambang di danau.

 Harga Tiket Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Dahulu, Pura Taman Ayun adalah Pura ibu (paibon) untuk Kerajaan Mengwi. Pura ini dibangun oleh Raja Mengwi, I Gusti Agung Putu atau Cokorda Camino Blambangan (1690-1722 AD) pada 1634 Saka (sekitar 1710 AD). Pura ini sempat dihancurkan oleh gempa bumi berkekuatan 7 pada skala Richter pada 21 Januari 1917 lalu. Kemudian, Pura ini dibangun kembali pada tahun 1937, Pura ini dikembalikan secara total.

 

Pura Taman Ayun berdiri di atas lahan seluas 250 x 100 meter lebar parit yang mengelilingi sekitar 10 meter di sisi selatan dan 50-70 meter di sebelah barat dan timur. Berkunjungan ke Pura yang berjarak sekitar 18 kilometer dari Denpasar, pengunjung akan disambut oleh pintu dan jembatan yang menghubungkan ke bagian luar halaman Pura. Di sisi kanan dari pintu, ada diorama Wantilan dengan orang-orang yang mempertaruhkan ayam, sebuah Pura kecil (Pura Luhuring Purnama) dan Bale Pengubengan membangun sembilan relief dewa angin (Dewata Nawa Sanga).

 Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Begitu memasuki halaman tengah, ada ruang Kulkul yang berdiri di sebelah kiri. Dari ruangan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan seluruh kompleks utuh. Wisatawan hanya bisa melihat isi dari candi dari luar. Pasalnya, Pura ini merupakan kawasan suci, hanya digunakan untuk ibadah. Pintu gelung dari pintu masuk utama dari halaman terbuka ketika ada upacara khusus diadakan. Tetapi wisawatan hanya bisa mekigat dari tembok di sepanjang jalan sekitar tembok pembatas dari atrium candi. Dari jalan ini, terlihat sejumlah bangunan dengan atap (Meru) di halaman di kuil ialah gunung Mahameru dikelilingi oleh lautan susu (dilambangkan oleh parit luar candi).

 

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Ayun Mengwi

Berapa harga tiket yang harus dirogoh untuk bisa mengelilingi Taman Ayun Mengwi ini? Untuk harga tiket domestik atau orang lokal; harga per orang dibandrol seharga  Rp15,000. Sedangkan orang asing atau wisatawan manca negara per orang Rp50,000. Plus jika membawa kendaraan roda dua Rp2,000 per motor dan Rp5,000 untuk kendaraan roda empat, khususnya mobil ya. Bus, beda lagi kali.

 Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Jam operasional Taman Ayun Mengwi di mulai jam 08.00 am hingga  06.15 pm waktu setempat. Taman ini berlokasi di Jl. Ayodya No. 10 Mengwi, Kecamatan Mengwi; Kabupaten Badung, Bali 80351.

 Taman Ayun Mengwi Bali Indonesia

Map Taman Pura Ayun Mengwi Bali

 

 

 

 

 

13 comments

  1. wah senangnya sista Citra bisa mengajak mama liburan ke Bali..Btw Taman Ayun Mengwi ini ramai juga ya kunjungan turis nya..dulu sy pernah ke Taman Ayun thn 2014 emang rame banget sampe hrs bergantian masuknya..tapi view nya keren ya bagus banget.

    ReplyDelete
  2. Banyak pura yang terkenal di Bali ya Mbak, waktu ke Bali tahun 2017 lalu, saya sempat mampir ke Pura Uluwatu. View tebing dan laut dari sana luar biasa keren.

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat mama saya juga, kalau jalan-jalan pasti minta difotoin di berbagai spot dan segala sudut. Jadi bikin lama, tapi kalau lihat ortu senang kan kita jadi ikut senang. Semoga Covid-19 cepat berlalu, pengen jalan-jalan bareng keluarga lagi ^^

    ReplyDelete
  4. Kak citra salam buat mamanya ya, seru banget ya liburan dan membahagiakan mama begini. Jadi inspirasiku nih liburan berdua me time gini, kapan lagi ya kan?

    ReplyDelete
  5. Wah keren ya Sis Citra... ke Pura Taman Ayun bareng mamanya, pastinya beliau gembira sekali sampai tersenyum indah ya... Btw HTM nya murce ya, 10k udah bisa menikmati keindahan tamannya

    ReplyDelete
  6. wah dari dulu tuh wisata bali selalu lekat sama budayanya ya. apalagi pura-nya. dimana-mana ada pura. dulu pas ke bali pertama kali norak banget dan kagum sama asrinya bali. jadi kangen nih jalan-jalan ke bali lagi.

    ReplyDelete
  7. Baca tulisan kak citra, bikin jiwaku berteriak ingin piknik yang jauh, hehe. Sampe speechless karena pengalaman kak citra jalan ke Bali itu loh, banyak banget. Kaya enggak ada abisnya. Malah kupikir kak citra tinggal di Bali.

    ReplyDelete
  8. dulu tuh pernah bawa ponakan masih kecil banget ke pura taman ayun ini pas siang bolong hihihi
    kasian juga ponakan, keringetnya sampe tumpeh-tumpeh

    ReplyDelete
  9. Mamanya kelihatan bahagia banget, kak. Tampak dari pose-pose beliau di foto. Sehat selalu untuk Mama, Kak

    ReplyDelete
  10. Beruntung banget kak Citra bisa bawa jalan-jalan mama ke Bali. Aku masih memintal doa terus biar bisa bawa mama pergi ke Mekah kak.
    Dulu pernah ke pantai sama mama. Saat itu anakku masih satu. Mama senang sekali main air sampe lupa waktu.
    Memori itu kepengen diulang lagi tapi masih keadaan begini. Ya bersabar saja lah dulu ya kak

    ReplyDelete
  11. Kaaak, aku menangis baca tulisan ini. Gustiii pengen banget bisa ngajak mamakku jalan-jalan seperti Kak Citra gini. Wajah mama Kak Citra kelihatan bahagia. Sehat selalu ya Mbak dan Mmaa.

    ReplyDelete
  12. Pengalaman ini pasti akan mama catat dengan bahagia di dalam hati ya, Kak. Saya singgah ke Pura Taman Ayun tahun 2013 silam. Tempatnya sejuk, asri, dan bangunannya terawat rapi.

    ReplyDelete
  13. Senang ya rasanya bisa liburan sama mama atau keluarga, aku juga kepikiran untuk berlibur bawa keluarga tapi ke candi borobudur dan prambanan aja yang dekat dari rumah

    ReplyDelete