Navigation Menu

Menelusuri Taman Negara Pinang di Malaysia


Btraveler-Aku bangun dan aku masih merasa mengantuk karena mabuk udara tetapi beruntungnya aku. Aku menginap di salah satu hotel yang menyenangkan. Hotel itu bernama Olive Tree Hotel. Aku akan menceritakan mengenai pengalaman aku menginap di Eco Hotel di Pinang ini nanti karena hari ini aku sangat senang dan tidak sabar ingin menceritakan mengenai Penang National Park (Taman Negara Pinang). Apakah kamu tau apa itu taman nasional di Pinang? Wow, aku tidak bisa menanti untuk melihat beberapa tempat yang menyenangkan di sana. Itu terasa begitu fantastik ketika aku mendapatkan kesempatan untuk menelusuri beberapa tempat yang berbeda dan menyenangkan di Pinang selama beberapa hari kedepan.



Sebelum berbicara mengenai Taman Nasional Pinang. Aku mau mengucapkan terima kasih kepada Tourism Malaysia yang telah mengundangku sebagai salah satu partisipasi dari Indonesia. Kegiatan ini bertajuk Mega Fam Trip 2018 dengan sub judul “Eco Farm Trip 2018 Penang/Kedah/Kuala Lumpur.” Aku bertemu banyak orang dan kebanyakan dari mereka sangat keren dan fantastik dari Malaysia, Cina, Taiwan, Philipina dan Singapura. Terima kasih atas pelayanan yang menyenangkan kepada kami selama perjalanan ini.


Dari Hotel Ollive Tree Penang untuk ke Taman Nasional Penang perkiraan waktu sekitar sejam. Jangan kuatir, karena group ini telah bersiap dan bus pergi sesuai dengan jadwal. Perjalanan menuju ke Taman Nasional Penang sangat fantasik dan aku sangay menyukainya. Cuaca yang cerah, sinar matahari masuk ke dalam jendela bus dan aku merasa sangat nyaman karena aku butuh sinar matahari di pagi hari. Sinar itu sangat baik bagi kesehatan kita, benar kan aku? Perjalanan kesana aku tahu ada dia cara tetapi hari ini kami pergi dengan perjalanan desa sehingga aku bisa melihat pemandangan terbaik dari jendela busku. Aku melihat banyak perpohonan dan pemandangan yang indah termasuk ketika bus melewati beberapa tempat yang menyenangkan dan membuat mataku yang mengantuk kembali segar. Rasa ngantukku entah hilang kemana.


Pinang Taman Negara


Apa yang kamu banyangkan mengenai taman? Pendapatku taman adalah taman yang memiliki sesuati di dalam taman tetapi di Penang Nasional Park ini mengenai sebuah pulau yang memiliki banyak sekali kegiatan dan tentu saja tantangan bagi kalian yang suka berpetulang di Taman Nasional. Orang lokal (Malaysia) menyebutnya Pulau Pinang dan dalam bahasa Inggris menjadi Penang. Taman National Penang ini telah di deklarasikan sebagai taman nasional Pinang di 10 April 2003. Yang mana taman ini lokasinya di bagian utara dari Pulau Pinang.



Apa yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional?


Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Taman Negara Pinang yang  memiliki beragam aktivitas dan membuat kamu “tersesat” dalam segala aktivitas seharian di daerah ini. O.K biarkan aku menceritakan kepada kamu apa yang bsia kamu lakukan di taman ini! Pertama sekali jika kamu termasuk salah seorang yang gemar menyusuri jalan setapak. Ini adalah bagian terbaik untuk dikunjungi! Apakah kamu suka melakukan perjalanan di hutan? Jadi di sini tempat  yang menawarkan trek terbaik  karena taman adalah rumah bagi hutan tropis. Ingat kamu diberikan izin  untuk melakukan treking dan hanya mengambil foto dan meninggalkan jejak kaki tanpa mengambil sesuatu di dalam hutan atau National Park. Pusat Interpretasi (Exhibition Galery) yang bisa kita pelajari tentang alam dengan cara interaktif.



Info: Pusat interpretasi menampilkan fasilitas dengan tampilan interaktif dan edukasi. Pergilah ke pandangan dexk dan mata-mata di sekitar lamu dengan teropong dan spotting scope.

Buka Jam: 09.00 - 13.00 WIB 2.00 WIB - 04.00 WIB
Ditutup pada hari Minggu; PENDAFTARAN GRATIS



Emm ... Aku tidak mau membuat kamu bosan, jadi mari bergembira  disini seperti aku ketika  berkunjung ke Taman Nasional Penang. Apakah kamu ingin tahu apa yang aku lakukan di Taman Nasional  di Pulau Penang ini? Sebelum naik perahu ke pantai Keracut, para peserta  mendapatkan informasi tentang taman ini. Jadi, saya dan teman  pergi ke sebuah ruangan dan mendengar tentang sejarah  Taman Nasional dengan slide dan informasi yang bagus tentunya. Liburan bukan satu-satunya cara untuk brrsenang-senang  tapi juga bisa mendapatkan pengetahuan sehingag tercipta  petualangan yang sempurna. Setelah mendengar informasi tentang Taman Nasional maka waktunya untuk  berpetualang bersama.


Pertama kali, aku dan teman-teman  pergi ke Pantai Kerachut atau penduduk setempat mengatakan Pantai Turtles karena pantai ini memiliki pusat konservasi tentang kura-kura dan banyak kura-kura bertelur di pantai ini. Alasannya karena pasir ini jenisnya sangat berbeda. Struktur pasir ini tidak lengket dalam tubuh kura-kura dan aku mencoba menyentuh pasir dan  benar saja. Bentuk pasir sedikit lebih besar dari jenis pasir lainnya di pantai. Jadi, berbaringlah di pantai dengan jenis pasir pasir ini, pasir ini tidak akan membuat kamu kotor karena pasir mudah lepas dari tubuh dan pakaian kita.





Pusat Pembenihan dan Konservasi Penyu di Pantai Kerachut





Ada dua spesies penyu, penyu hijau dan gulma Olive Ridley, salah satu spesies penyu laut terkecil di dunia merupakan pengunjung pasti di pantai Kerachut untuk bertelur. Pantai ini memiliki camping camp namun aturannya sangat ketat yakni sekitar pukul 06.00 WIB. Kamu tidak bisa di dekat  pantai karena terkadang pada saat itu beberapa penyu ingin bertelur. Tidak boleh ada api di pantai karena akan membuat penyu stres dan takut. Pantai yang paling unik ini memiliki pemandangan indah tapi kamu dan aku tidak bisa berenang di sana karena dilarang. Apa! Pergi ke pantai tanpa bermain di air laut! Ini gila, benarkah begitu? Itulah alasannya karena pantainya banyak ubur-ubur dan sangat berbahaya bagi kamu dan aku. Jadi, lebih baik nikmati saja pantai dari pesisir pantai tanpa berenang tapi kamu bisa melakukan trek di daerah ini.

A post shared by Citra Pandiangan (@citrap81) on

Trek di lokasi ini sekitar satu kilo meter sehingga kamu bisa menemukan sensasi baru ketika melakukannya. Kawasan ini juga memiliki lebih dari 1.000 spesies flora dan 271 spesies satwa liar sehingga kamu bisa mendapatkan banyak foto jika kamu suka berfoto sebagai hobi. Aku melakukannya dan aku punya banyak foto tapi aku menyimpannya di laptopku saja hahaha. O.K banyak hal yang dapat kamu lakukan, jika kamu suka berkemah, pantai Keruchut ini merupakan bagian terbaik untuk camping! Yang paling bagus tempat ini memiliki beberapa tempat perkemahan yang tersedia di sekitar pantai Keruchut (karena Taman Nasional di Penang begitu besar memiliki beberapa tempat untuk berkemah, ada Sungai Tukun dan Teluk Kampi) tapi kali ini aku hanya menulsuri pantai Kerachut. Tempat ini memiliki area perkemahan dan dapur sehingga kamu bisa menikmati kemah di sini. Jangan khawatir jika kamu adalah sekelompok kecil dan kamu ingin menikmati kamp ini, kamu tetap bisa melakukannya selama kamu telah mendaftar ke petugas Taman Nasional Penang.







Yang paling aku suka menjelajahi pantai Keruchut karena di tempat ini memiliki danau meromictic. Tahukah kamu apa artinya danau meromictic? Mari kita tanya Mr Wiki. Apa yang Mr  Wiki katakan: Danau meromictic memiliki lapisan air yang tidak bercampur. Biasanya di Danau "holomictic" ini, setidaknya sekali setiap tahun, ada pencampuran fisik permukaan dan perairan dalam. Istilah "meromictic" diciptakan oleh Ingo Findenegg Austria pada tahun 1935, yang tampaknya berdasarkan kata lama "holomictic ". Konsep dan terminologi yang digunakan dalam menggambarkan danau meromictic pada dasarnya lengkap mengikuti beberapa penambahan oleh G. Evelyn Hutchinson pada tahun 1937. Pola pencampuran tipikal untuk danau yang tidak biasa. Ini tidak terjadi di danau meromictic. Sebagian besar danau adalah holomictic; yaitu, setidaknya sekali per tahun, pencampuran fisik terjadi antara permukaan dan perairan dalam. Di danau yang disebut monomictic, pencampuran terjadi sekali dalam setahun; Di danau yang remang-remang, pencampuran terjadi dua kali setahun (biasanya musim semi dan musim gugur), dan di danau polimikik, pencampuran terjadi beberapa kali dalam setahun. Di danau meromictic, lapisan air danau bisa tetap tidak tercampur selama bertahun-tahun, puluhan tahun, atau berabad-abad.






Ketika aku mengunjungi daerah ini pada musim kemarau sehingga danau ini kering. Namun danau ini unik setiap musimnya bentuk danaunya sangat berbeda. Jadi mari kita temukan tempat ini dan kamu akan merasa sangat mengaguminya. Bahkan matahari pun menimpa kamu tapi kamu masih bisa bersembunyi di bawah pepohonan. Yang paling aku sukai  saat melihat beberapa jenis penyu di pusat konservasi. Kamu bisa belajar tentang penyu, ditambah lagi, aku mendapatkan pengalaman terbaik saat melepaskan  bayi penyu (umurnya sekitar seminggu) pergi ke pantai untuk pertama kalinya. Ini sangat fantastis dan aku sangat senang melakukannya  di pantai Kerachut. Meskipun ini bukan pengalaman pertama aku karena di Bintan terkadang kami melakukannya tapi kamu tetap akan menyukainya! Lihat bagaimana  bayi penyu imut mencoba menemukan jalan untuk lolos ke pantai.





Apakah kamu ingin mendapatkan petualangan terbaik di Taman Nasional Penang! Cukup bagpack tas kamu dan pergi kesana. Caranya sangat mudah koq, kamu tinggal pergi ke Taman Nasional Penang hihi. Kamu memiliki 2 alternatif untuk mengunjungi Taman Nasional Penang dengan mobil dan transportasi umum. Dengan kendaraan umum, gunakan Rapid Penang 101 dan 103 bus dari bus Komtar terimal atau las Quay Bus Terimal (Jetty). Bus akan berhenti di luar pintu masuk Taman Nasional di Teluk Bahang.



Jam buka
Pintu masuk Teluk Bahang 08.00 - 17.00 WIB
Kuala Sg. Pintu Masuk Pinang 08.00 - 17.00 WIB

Berkeliling Taman

Dari pintu masuk, kamu bisa berjalan atau menyewa kapal. Ada  kapal yamg beroperasi dan bersiaga  di dekat gerbang dan sekitar gerbang National Park Penang.

 Berkemah

Kontak
Taman Negara Pulau Pinang
Jalan Hassan Abbas, 11050 Teluk Bahang, Penag
Telp: + 604-881-3500 Faks: + 604-881-2016
Mail: tnpp@wildlife.gov.may 


Sampai jumpa di petualangan saya yang lain di Penang.



MAP Penang National Park 


Be traveler as the way you are


XOXO

0 comments: