Segarnya Es Tingkap di Penang Malaysia


Btraveler-Awal dengar kata ais Tingkap, aku penasaran dengan bentuknya. Memang, saat terbaik untuk liburan adalah mencoba sesuatu yang berbeda! Apa pun itu selama asalkan berbentuk yang manis dan dingin serta kondisi cuaca panas. Hal itu akan membuat hari ku jadi lebih indah. Aku yakin kamu pasti penasaran segarnya es tingkap di Penang, Malaysia, bukan?


Es Tingkep di Penang merupakan es serbat. Ada alasan lho dibalik namanya yang fenomenal itu. Tingkap yang artinya JENDELA. Mau tahu ngak alasan kenapa diberi nama es tingkap? Ceritanya, pada masa dahulu kala, penjual yang menjual es di belakang "tingkap" (jendela) dan pembeli yang membeli es dari penjual jendela mengatakan es tingkap (window sherbet) dan kemudian nama es ini menjadi terkenal sampai sekarang. 


Hal itu dikarenakan, bentuk kios di Penang, Malaysia masa lalu itu. Penjual berada di balik jendela dan pembeli membeli sesuatu diluar jendela. Sehingga es tingkap menjadi fenomena dan nama yang unik sampai sekarang. Es tingkap terkenal di Penang  terletak di Jalan Tamil karena bisnis ini sudah 3 generasi. Wow, lama juga ya.  Di mana bisnis dimulai sekitar tahun 1928 hingga sekarang dan resepnya pemberian ayah kepada anaknya. Jadi, mereka bisa melanjutkan bisnis keluarga. Itulah mengapa es tingkap di Jalan Tamil sangat terkenal. Kios yang terletak di sepanjang Jalan Tamil di samping Pasar Chowrasta, ingat! Coba cicipi, Oke!


Kuliner ini harus dicoba ketika mengunjungi Penang, Malaysia! Soalnya, orang lokal sana menyarankan mencoba menu satu ini ketika jalan-jalan ke Penang. Bagaimana proses pembuatan es tingkap ini? Pertama, isi gelas dengan es serut dan gula cair. Kemudian, semprot dengan rempah-rempah harum dan campuran akar, tambahkan sesendok sirup yang terbuat dari sari bunga mawar dan air gula. Hampir selesai, setelah penjual menambahkan sesendok masing-masing biji selasih dan kepala muda.


Aku yakin kamu pasti lebih penasaran kan!  Jadi minuman ini sangat diminati! Ini luar biasa menyegarkan karena campuran cita rasa dari esensi mawar, air kelapa, sedikit sirup gula, air kelapa segar, daging "kelapa muda" yang lembut, sejumput herbal.  Jujur saja, aku suka meminumnya. Apalagi setelah basah bermain di kegiatan outdoor Escape. Harganya tidak begitu mahal. Segelas Ais Tingkap Penang (es tingkap) sekitar 2 RM atau di Indonesia sekitar 7.000 IDR. Kamu bisa mendapatkan minuman segar dan manis untuk menyegarkan hari. 



Be traveler as the way you are


XOXO

No comments