Cara Wantek Baju Biar Liburan Happy

cara wantek baju

AsiaButterflyTraveler.com- Dulu aku paling suka asal menggunakan pakaian. Apa saja yang dilihat pertama kali dalam lemari pakaian, itu lah yang digunakan. Asal banget kan! Apalagi dulu, pekerjaan yang sebagian besar diluangkan di jalanan untuk meliput berita dan berteman dengan para pria. Penampilan bukanlah nomor satu. Hingga pada akhirnya, ketika aku senang pergi liburan dan semakin berkembangnya teknologi seperti sosial media. Pakaian menjadi bagian yang harus menentukan penampilan seseorang dalam hasil photo yang abadi. Namun, terkadang sayang jika harus mengeluarkan dana lebih untuk pakaian. Padahal, pakaian lama masih layak pakai walau warna sudah memudar. Tak disangka, aku akhirnya juga menggunakan wantek dan aku akan berbagi cara wantek baju yang benar.

cara wantek baju
Awal mengenal wantek itu lantaran adik lelaki aku. Dia suka sekali “memasak” pakaiannya, khususnya celana jeansnya. Aku suka marahi dia, sebab menggunakan panci khusus untuk Mama memasak air panas untuk mandi. Dia cuek aja, setiap kali aku tegur. Katanya, Mama sudah memberikan “restu” eh izin untuk menggunakan panci merebus celana jeansnya. Dia suka sekali merasa kesal, jika warna celana jeansnya memudar. Namun, sekali pun aku belum pernah melakukan wantek.

Hingga suatu hari, baju kesayangan aku warnanya sudah memudar. Padahal, bahan bajunya masih bagus dan juga nyaman digunakan. Namun, setiap kali memakai pakaian tersebut, selalu saja dicibir. Lantaran, kata teman-teman baju tersebut harus sudah masuk museum. At least, di gunakan di rumah aja atau digunakan sebagai alat pel di rumah. Kesel nggak sih! Tentu saja kesal. Padahal, niat mereka itu baik. Namun, ke tangkap di alam bawah sadar jadi berupa ejekan dan bukan kepedulian.
 cara wantek baju
Sempat berbincang-bincang dengan adik, menurutnya warna wantek yang tersedia di pasaran itu Cuma tiga warna yakni putih, biru dan hitam. Namun, tanpa sengaja ketika jalan-jalan aku melihat sebuah toko yang menjual pewarna pakaian yang dikenal sebagai wantek. Ada banyak pilihan warna mulai dari tiga warna yang selalu digunakan adik aku, ada warna kuning, merah dan sebagainya. Duh, senang sekali rasanya dan aku beli beberapa pewarna pakaian dan berniat untuk mewarnai pakaian yang masih layak pakai tetapi warnanya yang sudah memudar.

Bagaimana Cara Wantek Baju atau Pakaian?
Sejujurnya sih cara menggunakan wantek ini sangat mudah dan praktis. Namun, harus tahu cara yang benar dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk mewarnai pakaian yang warnanya sudah mulai memudar. Pertama, pastinya beli dulu wantek dan pilihlah warna yang diinginkan. Sedangkan perlengkapan yang dibutuhkan yakni kompor, panci, air, pewarna, pengaduk, dan sarung tangan. Jangan lupa yang paling penting yakni PEWARNA atau wantek itu sendiri.
 
Nah, kenapa membutuhkan perlengkapan tersebut untuk memperbaharui warna pakaian kamu? Penasaran kan! Pertama yang dibutuhkan sudah pasti kompor untuk memasak. Namanya memasak pasti membutuhkan air dan wadahnya. Jangan lupa panci yang sesuai untuk memasak eh melakukan perwarnaan pada pakaian. Terus, air dong ya,  dan pastinya perlengkapan untuk menjemur pakaian.

cara wantek baju
 
 Nah sudah tahu bahan apa saja dan kenapa membutuhkan perlengkapan tersebut. Kini waktunya untuk melakukan persiapan mewarnai pakaian kesayangan baik tshirt maupun celana jeans kesayangan. Setelah semua siap, yang perlu dilakukan adalah panaskan air dalam wadah. Sebelum melakukan pewarnaan, teman harus sudah memastikan tidak ada halangan untuk melakukan pewarnaan.

Ingat ya teman wadah atau panci harus sesuai ukurannya dengan jumlah pakaian yang akan diwarnai. Namun, bagusnya satu atau dua saja maksimal ketika melakukan proses mewarnai pakaian. Bahkan paling penting, sebelum melakukan perwarnaan; perhatikan pakaian harus dalam keadaan bersih dan wangi.   Nah, sudah cukup melakukan pembicaraan tentang wadah. Selanjutnya, teman dan aku sudah bisa melakukan proses merebus..

cara wantek baju
Sebelumnya, hidupkan kompor, beri air secukupnya atau sesuai petunjuk di belakang bungkus wantek bagaimana proses pewarnaan pakaian tersebut. Ingat, jangan dilupakan untuk komposisi yang dibutuhkan seperti air dan pewarna pakaian.  pakaian dan panci yang digunakan haruslah sesuai. Hal itu agar teman bisa dengan mudah mengaduk. Sebab, jika pakaian terikat satu sama lain akan menghalau ratanya wantek pada pakaian yang direbus.

Komposisi yang dibutuhkan agar menghasilkan warna yang sempurna yakni 1 sampai 2 bungkus wantek untuk setiap penggunaan 3 liter air.  Kemudian masuk dan rebus pewarna tersebut. Kemudian setelah panas, baru masukan pakian yang akan di wantek.  Ingat ya, jangan lupa sarung tangan; bukan karena covid-19. Namun, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.
cara wantek baju
Masak “pakaian” dengan api kecil. Nah, apa bila di rasa sudah cukup. Baru bisa diambil dan dikeringkan di bawah sinar mentari. Namun, sebelumnya jangan lupa di bilas hingga bersih. Setelah kering, baru bisa digunakan kembali. Sangat mudah bukan untuk proses cara mewarnai pakaian. Jadi pakaian favorite masih bisa digunakan. Bahkan, harga wantek sangat murah dan meriah. Sehingga bisa menghemat membeli pakaian dan dananya bisa di simpan untuk pertualangan berikutnya. Bajkan warna baju cerah, tanpa perlu beli baju baru juga bisa mencerahkan liburan.

cara wantek baju




Be traveler as the way you are


XOXO

25 comments

  1. Dulu saya juga pernah wantek celana jins saya. Lumayan banget bisa kelihatan lebih baru. Hihii. Makasih tips topsnya mba.

    ReplyDelete
  2. Wah, tipsnya perlu dicoba nih, ke baju-baju kesayangan juga. Saya jadi tertarik mencari warna-warna wantek ini, hehehe. Terima kasih untuk tipsnya ya, kakak.

    ReplyDelete
  3. Saya dulu pernah juga pake jasa tukang wantek keliling, hasilnya bagus banget. Jauh lebih bagus dari pada wantek yang saya kerjakan sendiri. Mungkin cara wantek saya kurang bener. He he . .

    ReplyDelete
  4. wah belum pernah nih sy mewarnai baju pakai wantek..boleh juga ditiru kbtulan ada baju jeans sy yg sdh ga jelas warnabya tapi msh enak bnget dipakai.hrs di wantek ya biar warna nya jelas lagi haha .mksh infonya kak

    ReplyDelete
  5. Tips yang bermanfaat. Jadi pengen cepet bisa liburan lagi

    ReplyDelete
  6. Sudah lama banget saya penasaran deh sama wantek baju sendiri ka, jadi pengen cobain juga deh nih di rumah biar wfh ga bikin bosen. Makasih y k udah berbagi cara wantek baju, nanti ku coba juga ah

    ReplyDelete
  7. Iya benar mbak, kalau bisa wantek jangan jadi satu pancinya sama makanan ya. hehehe. menurutku org yang suka wantek pakaian adalah orang yg rajin.

    ReplyDelete
  8. Tanya kak, apakah warnanya tahan lama dan gak luntur? dari kemaren penasaran ama wantex, soalnya ada beberapa dress yang warnanya kusam padahal masih bagus dan nyaman

    ReplyDelete
  9. Waah nice info kak, patut dicoba ini untuk menghemat dana. Baju yang dulu pudar kini bisa jadi bersinar

    ReplyDelete
  10. Ngga kepikiran mau wanted baju segala selama WFH. Hahaha idenya out of the box mba. Kayaknya bisa dicoba nanti nanti dehhh, hehehe

    ReplyDelete
  11. Maaf mbajaman now masih ada ya yg wantek baju atau celana jins. Saya sudah lama banget gak dengar kata wantek. Dulu banget saat masih SD msh sering dgr. Ehh ternyata wantek bisa fikerjakan sendiri. Keren ya mbaa

    ReplyDelete
  12. Ya amplop,dah lama ga denger ttg wantek. Jadul bgt ternyata masi ada ya. Saya ingatnya saat saya kecil, kakak saya sibuk bgt wantek pakaian.
    Saya jd pengen coba juga nih haha

    ReplyDelete
  13. Udah jarang banget sekarang toko yang jual wantex.. Dulu juha auka ngewantex kaos oblong putih biae warnanya jadi pelangi..

    ReplyDelete
  14. Waahhh aku srg denegr cara wantek tapi belum pernah praktek.. Hihi salah salah bisa rusak deh baju aku.. Makasih mbakk nnti klo mau nyoba wantek aku buka blog ini lagi. Yaa

    ReplyDelete
  15. Saat traveling memang penting banget untuk tampil maksimal apalagi mau foto-foto yah sayang kalo gak cantik bajunya yah. Mewantek baju nih belum pernah saya lakukan karena takut gagal malah bajunya tambah gak cantik,hihih.

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau wantek artinya pewarna
    Langsung cari bajubaju yangwarnanya pudar biar bisa cerah lagi

    ReplyDelete
  17. Wah, jadi inget saat ospek dulu. Disuruh bawa wantek juga. Hehe.. tapi dulu masih awam pakainya.

    ReplyDelete
  18. Wah, saya belum pernah nyoba wantek baju atau celana, takut warnanya gak sesuai ekspektasi.

    ReplyDelete
  19. wah sudah lama sekali enggak wantek baju. Aku dulu juga gitu, mbak...lebih hemat karena setelah diwantek baju jadi kelihatan baru lagi. Happy!

    ReplyDelete
  20. Wah, idenya keren nih Mbak. Warna pakaian yang pudar bisa di coba untuk di wantek, jadi nantinya bisa di pakai lagi dengan warna yang seperti baru.

    ReplyDelete
  21. Bosan dengan warna pakaian yang itu itu saja solusinya di wantek saja

    ReplyDelete
  22. Saya dulu sering lihat wantek di toko, tapi gak pernah tau cara pakainya, barulah setelah membaca tulisan Mbak Citra ini saya jadi tahu

    ReplyDelete
  23. Saya belum pernah wantek sama sekali, padahal ada beberapa celana panjang yang warnanya udah mulai botak... Makasih tipsnye ye Mba

    ReplyDelete
  24. kalo dulu aku mau wantek pake jasa orang. karena belum bisa sendiri untuk wantek. tapi beberapa minggu ini aku coba wantek sendiri tapi luntur kalo di cuci

    ReplyDelete
  25. Ya Ampun, aku kok baru tahu ya istilah wantek ini. Rebus pakaian agar warnanya lebih terang lagi.
    Biasanya kalau selesai di wantek gitu luntur 1-2x pencucian aja ya? dan selanjutnya sudah normal lagi.

    ReplyDelete