5 Hal Menyenangkan di Lakukan di Kota Tanjungpinang

 

AsiaButterflyTraveler.com-Dimana kota Tanjungpinang itu? Mungkin banyak pertanyaan mengenai lokasi Tanjungpinang tepatnya. Tentunya ini sangat menyedihkan bukan? Sebab, Tanjungpinang adalah ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Meskipun begitu kota Tanjungpinang tidaklah besar, tetapi di sana juga banyak hal yang bisa kamu telusuri atau explore.


 Baca: 5 tings to do in Tanjungpinang (english version)
Map Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia






Apakah kamu siap untuk mengeksplor kota Tanjungpinang? Beruntung, ketika kamu berada di kota Tanjungpinang sekarang ini kamu sudah bisa menggunakan taksi online meskipun keberadaannyya masih belum banyak. Apabila kita bandingkan dengan kota lain. Kamu juga bisa merental sebuah mobil, jika kamu memiliki SIM. Apa yang akan kamu lakukan ketika berkunjung ke kota Tanjungpinang?



1. Menikmati Makanan Laut  di Tanjungpinang | Waktunya Kuliner
 
Apakah kamu suka makan? Jujur, aku suka makan ketika jalan-jalan dan mencoba berbagai varian makanan lokal. Jadi, kamu jangan lupa untuk menyiapkan perut kosong agar bisa menikmati berbagai macam kuliner lokal di Tanjungpinang. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu coba ketika hunting makanan. Kebanyakan orang lokal menawarkan kamu untuk mencoba berbagai macam makanan laut, seperti gonggong, kerang, kepiting, cumi-cumi dan bahkan ikan segar. Semuanya bisa kamu temukan di kota Tanjungpinang, termasuk di pusat kota Tanjungpinang.

 

Kebanyakan orang senang untuk mencoba makanan gonggong, karena rasanya sangat unik dan enak. Jangan terkejut ketika kamu jalan-jalan ke kota Tanjungpinang dan banyak menemukan warung kopi. Sebab, orang lokal sini senang sekali menikmati secangir kopi. Makanya, tidak heran ada banyak sekali warung kopi dari bentuk design sederhana sampai mewah.


2. Berbelanja di Kota Tanjungpinang

Kota Tanjungpinang sangat dekat dari Singapura dan Malaysia. Jadi, jangan heran jika kamu menemukan cokelat dan makanan ringan dari negara tersebut. Di sini itu normal koq, Dulu, kamu juga dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang Singapura; karena sebagian besar toko menggunakan mata uang Singapura. Kali ini, kamu tidak bisa  menemukan gaya itu lagi. Sebab, sudah ada aturan baru dari pemerintah.


Jangan berpikir Tanjungpinang memiliki mal besar. Sebagian besar pasar lokal, tetapi kamu bisa menjumpai makanan segar dan juga makanan kering seperti ikan teri, ikan asin. Hak itu sangat menyenangkan. Bahkan ya, beberapa orang dari luar negeri selalu suka menjelajahi pasar lokal untuk menemukan makanan seperti itu untuk dijadikan oleh-oleh lho.

3. Pantai Sederhana Namun Damai

Jujur, aku sangat terkejut akhir-akhir ini (maksud aku beberapa tahun lalu), ketika aku baru mengetahui kota  Tanjungpinang memiliki pantai. Dapatkah kamu bayangkan jika kota Tanjungpinang tidak memiliki pantai sendiri dan harus pergi ke Pulau Bintan hanya untuk menikmati pantai? Kali ini, Tanjung Pinang sudah memiliki pantai sendiri. Pantai ini sangat sederhana, tetapi juga pantai yang bagus untuk mengejar matahari terbenam. Bahkan airnya tidak cukup dalam, karena air laut di pantai sering mengalami surut. Kamu bahkan bisa  menikmati waktu kamu di sana dengan sangat nyaman.


Aku tidak suka mengunjungi tempat ini pada akhir pekan, karena banyak orang lokal mengunjungi tempat ini. Kadang-kadang tempat ini (maksudku pantai) memiliki jadwal kegiatan tahunan lho.  Kamu akan senang mengunjungi pantai Tanjung Siambang, ketika ada kegiatan tahunan. Soalnya, sangat menarik, kapan-kapan dibahas ya.


4. Berbagai Macam Vihara

Bisakah kamu bayangkan, Tanjungpinang kebanyakan beragama Islam tetapi tempat ini memiliki banyak sekali pura atau vihara. Bahkan vihara terbesar di Asia Tenggara ada di kota ini. Hal ini membuktikan bawasanya kota Tanjungpinang, meskipun Kota  Melayu tetapi menghormati perbedaan kepercayaan. Sangat menyenangkan untuk mengunjungi vihara di beberapa tempat di Kota Tanjung Pinang, salah satunya adalah Senggarang. Ada vihara tertua dan unik. Bahkan, sudah ada aktivitas baru di sana untuk menyewakan pakaian gaya Korea.


Aku tidak punya foto pakaian gaya Korea karena aku belum pernah mencobanya. Mungkin di masa depan ketika aku punya waktu, aku akan menunjukkannya untuk kamu. Kamuakan senang menghabiskan waktu di  Senggarang, karena aku suka duduk sambil melihat matahari terbenam. Sementara angin yang bertiup lembut suka membuat aku merasa mengantuk. Waspadai banyak nyamuk! Ada baiknya membawa lotion nyamuk dan juga cemilan. Setelah itu, jangan membuang sampah sembarangan ya. Buang sampahmu pada tempatnya!

5. Keliling Pulau Penyengat Seharian
 
Mengapa kamu tidak mencoba menggunakan perahu kecil, kata penduduk setempat namanya pompong untuk bisa sampai ke  pulau Penyengat. Kamu sudah berada di kota Tanjungpinang, lebih baik kamu pergi ke sana dan menjelajahi sejarah dan berburu tempat foto. Informasi lebih lanjut tentang pulau penyengat, aku sudah membuat artikelnya dan kamu Anda bisa membaca semua tentang pulau penyengat di sini.


Kenapa kamu harus mengunjungi tempat ini? Tempat ini bukan hanya sejarah, tetapi juga tempat yang menyenangkan jika kamu ingin mendapatkan banyak foto koleksi. Lain kali, aku akan memberikan ke kamu berbagai hal  informasi tentang kota Tanjungpinang. Aku pikir cukup sekian untuk hari ini!


Aku yakin kamu pasti bingung di mana kamu harus membeli tiket untuk menjelajahi Kota Tanjungpinang. Tanjungpinang memiliki bandara yang disebut Raja Haji Fasibillah. Bandaranya masih ukuran kecil dan hanya ada beberapa jadwal penerbangan saja, seperti yang aku ingat Tanjungpinang ke Jakarta, Tanjungpinang ke Dabo, Tanjungpinang ke Pekan Baru. Kedepannya, aku akan memperbarui jika aku ingat hal baru lagi ya tetapi di artikel selanjutnya. Aku yakin kamu akan senang menjelajahi tempat ini.


Aku  memiliki beberapa pengalaman menjadi freelance guide dan aku sudah membawa beberapa tamu lokal maupun luar negeri. Mereka mengatakan bahwa mereka suka menjelajahi tempat ini karena tenang, menyenangkan dan unik. Bagaimana dengan kamu? Jika kamu ingin tahu dan ingin tahu lebih banyak tentang Tanjungpinang, kamu bisa menghubungi aku melalui email; Kamu bisa membaca di profil aku. Aku ingin berbagi informasi tentang kota Tanjungpinang dan Pulau Bintan. Aku juga senang jika kamu mau berbagi di media sosial milikmu dan kepada teman-temanmu. Aku kira artikel ini berguna bagi kamu yang ingin menjelajahi tempat baru, apakah aku benar?




Be traveler as the way you are


XOXO

17 comments

  1. Hai mbak, terima kasih artikelnya. Aku belum pernah ke Pulau Sumatera, tapi punya beberapa teman di daerah Kepri, tepatnya di Kepulauan Karimun. Mereka klo liburan mayoritas lebih senang ke Singapura karena lebih dekat daripd ke Jakarta atau Pulau Jawa.
    Doain aja ya someday aku bisa menjejakkan kaki di Sumatera, khususnya kota Tanjungpinang :)

    ReplyDelete
  2. udah lama penasaran sama Kepulauan Riau tapi blm ada kesempatan untuk sampai sana. Ternyata di Tanjungpinang nya sendiri udah banyak tempat wisatanya ya, paling suka sama pasar lokalnya nih

    ReplyDelete
  3. Seafood nya menggugah selera weleh.. kerang nya pasti enak banget kak, tanjung pinang kita tidak jauh ya, kapan saya kesana mesti icip-icip nih kuliner lautnya.

    ReplyDelete
  4. Kebayang enaknya makan seafood segar di pinggir pantai dan menikmati sunset...

    Hasil ikannnya banyak ya mbak?

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama pulau penyengat. Yang di cerita anak itukah mbak? Wah, kapan ya aku bisa sampai sana?

    ReplyDelete
  6. Ku jdi ingin menikmati seafood juga, enak kali ya makan seafood sambil menikmati angin laut yang selalu bikin rambut acak - acak an, ah kangen ke pantai jadinya.

    ReplyDelete
  7. eh penasaran deh sama gonggong rasanya gimana :3 enak banget kemudian jalan2 di pantai seru doooong. fix abis baca ini aku masukin tanjungpinang sebagai salah satu destinasiku

    ReplyDelete
  8. Kalau ngomongin riau ingatnya batam terus, padahal di kepulauan riau ada juga tanjung pinang yang ga kalah keren dan banyak spot pariwisatanya. Kapan-kapanlah saya kesitu ya mba, nanti pasti menghubungi ^ ^

    ReplyDelete
  9. Baru tau banget soal wisata di Kota Tanjungpinang. Ternyata di sana banyak vihara dan pura walau mayoritas penduduknya muslim. Semoga ada kesempatan ke sana.

    ReplyDelete
  10. Belum pernah ke Tanjung Pinang nih Mbak, baca artikel ini sukses buatku ingin masukkan kota ini sebagai travel wishlistku juga pastinya. Penasaran dengan tempat-tempat yg Mbak ceritakan ini :)

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke Tanjung Pinang, tapi sering dengar tentang Tanjung Pinang dari temanku yang asli sana.
    Waah, kayaknya memang worth banget nih buat masukin jadi list tempat liburan. Makasih kak infonya (btw, foto seafoodnya bikin ngiler nih)

    ReplyDelete
  12. Setelah membaca artikel ini, saya jadi kepengen liburan ke tanjung pinang sebab tanjung pinang kaya akan wisata alam dan kulinernya.

    ReplyDelete
  13. Ya Ampun, 10 bulan aku di Pulau BIntan tapi aku gak xplore Tanjungpinang. Penasaran banget sama pulau penyengat. Pengen ngerasain sensasi berbelanja pakai koin kayu. ^^

    ReplyDelete
  14. Setiap kota pastinya punya keunikan tersendiri ya Mbak. Seperti Tanjung Pinang ini, btw saya baru tahu ini merupakan ibu kota dari kepulauan Riau dan letaknya ternyata dekat sekali ya dengan Malaysia dan Singapura.

    ReplyDelete
  15. Katanya belum afdhol dikatakan mampir ke Tanjung Pinang kalau belum nyobain seafoodnya ya? liat ikan dan aneka hasil laut yang seger-seger jadi ngiler nih

    ReplyDelete
  16. Lengkap banget destinasi wisata nya mbak.pulau nya asri dan damai banget keknya. Jadi pengen explore Tanjugpinang juga deh

    ReplyDelete
  17. Foto-fotonya keren banget, jadi pengen jalan ke Tanjung Pinang suatu hari nanti, berburu sunrise atau sunset, juga mencoba semua kuliner khas di sana

    ReplyDelete