Terbang ke Entopia Butterfly Farm




Btraveler-Sangat menyenangkan ketika aku bisa melihat ratusan kupu-kupu terbang dengan bebas dan tanpa kuatir apapun. Apalagi jika kau bisa menangkap kupu-kupu dan melihat mereka dari dekat tanpa batasan yang membuat mereka takut. Ini mengingatkanku mengapa nama blog ini asiabutterflytraveler.com karena usia kupu-kupu sangatlah singkat dengan banyaknya proses kehidupan sebelum berubah. Aku ingin menjadi kupu-kupu yang tetap bertahan sampai tiba waktunya menjadi cantik dan aku bisa terbang pergi. Meskipun usianya singkat tetapi itu tidak ada masalah jika aku bisa menikmati hidupku setiap hari.





Berbicara tentang kupu-kupu membuat aku ingat pengalaman ketika menelusuri Entopia yang merpakan peternakan kupu-kupu terbesar di Penang, Malaysia. ini merupakan tempat dimana aku dan kamu bisa melihat kupu-kupu terbang lepas  dan ini seperti surga bagi kupu-kupu. Jika kamu adalah fans kupu-kupu tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk belajar mengenai kehidupan kupu-kupu dan melihat kupu-kupu terbang dengan berbagai warna sayap kupu-kupu di kebun. Sangat berwarna dan tidak salah jika pendapatku mengatakan ini adalah surga kupu-kupu karena banyak jenis kupu-kupu yang bisa dilihat dan dinikmati. Entopia juga mendapatkan award dari  Malaysia  record book 2017 dimana di Entopia ada 88.000 tanaman yang bisa kamu lihat  dengan dua konsep  yakni The Natureland dimana tempat ini aku bisa melihat banyak kupu-kupu dan juga The Cocoon, di Tempat ini kamu bisa belajar dan melihat pameran serta ada beberapa kegiatan indoor. Entopia juga memiliki Tapestree, tempat dimana kita bisa membeli beberapa makanan dan juga beberapa souvernir tentang kupu-kupu. Ini sangat fantastis benar.




'





Segarkan kembali pikiranku, ketika aku harus menunggu  Entopia terbuka. Mereka mulai beroperasi pada pukul 09.00 sampai 19.00 WIB. Teman-temanku dan aku datang lebih awal jadi tempat ini masih tutup tapi tidak masalah melihat-lihat di luar gedung yang desainnya begitu menarik dan bagus. Ketika sudah mendapatkan tiket barcode memudahkan kita untuk masuk tinggal scane barcode agar bisa masuk gerbang Entopia.







Mataku terasa segar dan  luar biasa saat melihat beberapa kupu-kupu terbang di taman besar dengan konsep vivarium. Sebenarnya, Entopia tidak hanya menawarkan banyak sekali kupu-kupu, tapi juga beberapa serangga, makanan ringan dan juga  beranikan diri  menyentuh kalajengking. Seorang wanita yang bekerja di Entopia menjadi pemandu kami dan menjelaskan banyak hal di Entopia. Ketika dia menyentuh kalajengking. Aku tidak bisa menyentuhnya bahkan ketika aku ingin menyentuh kalajengking ini tapi aku sangat takut hahah. Bagaimana dengan kamu? Tidakkah kamu ingin menyentuhnya? Yang paling menyenangkan ketika guide dengan ramah memberikan penjelasan mengenai kalajengking, warnanya berubah menjadi biru ketika terkena sinar infared. Saya mencoba dengan cahayaku, pengen tahu hahahhahah ternyata kagak ngaruh.  Beberapa teman mengambil beberapa selfie dan kemudian kita pergi ke bagian lain.







Let’s fresh my mind I should wait till Entopia open. They start operation at 09.00 am to 07.00 pm. My friends and I arrive early so this place still close but It’s nice to look around outside building which so variant and nice design. Then I get the ticket which already barecode. So, it is simple just scan the barecode so I can enterence  the gate of Entopia.








O.K aku tidak bisa berbohong, aku suka tempat ini karena aku bisa melihat banyak kupu-kupu. Sebelum sampai ke Taman David, Setelah mendapatkan tiket pertama kali kita masuk di gua Misteri. Terus ke Tiger Falls, Home tree untuk melihat kecapung, David Garden akhirnya. Sebenarnya setelah gua misteri, tempat kalajengking. Semua tentang kupu-kupu, pada akhirnya. Aku suka, Aku juga melihat beberapa kadal, kecapung dan banyak binatang lainnya. Ini sangat menyenangkan! Yang paling indah saat aku mencoba memberi makanan kupu-kupu tapi tidak ada satupun kupu-kupu yang datang kepadaku. Ketika aku menyerah, mereka datang bukan hanya satu kupu-kupu tapi dua kupu-kupu. Setelah itu kupu-kupu selalu datang kepadak. Meskipun aku tidak memberi mereka makanan hihihi. Cantik sekali melihat warna kupu-kupu.











Aku bisa menikmati area ini lebih dari satu jam karena melihat kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga, kebun yang bagus dan udara segar plus anak-anak yang sangat senang ketika melihat kupu-kupu. Itu adalah momen yang menakjubkan. Aku masih bisa memejamkan mata dan merasakan kupu-kupu terbang di sekitarku. Aku sangat menyukainya. Aku tahu artikel ini sudah cukup panjang tapi tempat ini bukan hanya tentang bermain dan "menangkap" kupu-kupu tapi juga eksibisi. Dimana kita bisa belajar dan menyentuh beberapa serangga jika kamu mau melakukannya hahaha. Aku hanya menyentuh kecoa impor jika lokal tentu saja saya sangat takut dan membunuh mereka sangat cepat hahaha.  Oopss keceplosan hahaha. Ketika aku menyentuh kecoa impor, ada keluarga datang dan berdiri di sampingku dan suaminya menggoda istri untuk menyentuhnya. Banyak hal yang terjadi membuat kamu merasakan sensasi menyenangkan baik seorang sendiri, dengan teman, bahkan keluarga akan membuat waktu berkunjung kamu sangat berharga untuk belajar sesuatu yang baik.














Jangan lupa temukan imajinasi kamu di Entopia karena kamu bisamerasakannya dan mengetahuinya setelah mengunjungi ke tempat ini. Kamu bisa menghabiskan waktumu dan jangan terburu-buru untuk menikmati tiap tempat ke  bagian lainnya. Suatu hari aku berharap bisa mengunjungi Entopia lagi dan menelusuri tiap bagian dengan santai  dan melihat semuanya tanpa terburu-buru.










Terkadang slow travel dibutuhkan pada diri kita dan kehidupan ini karena hidup bukanlah balapan. Tapi jika kamu datang dengan kelompok saat mendaftar, mungkin jany bisa ikut lomba untuk menemukan beberapa jenis kupu-kupu dengan mengambil foto dan video maka pemenangnya akan mendapatkan souvernir dari manajemen. Begitu indah, benar! Apa yang kamu tunggu? Apakah kamu ingin mendapatkan petualangan terbaik di Entopia! Pergilah kesana dan jadilah dirimu sendiri. Cara untuk naik ke Entopia butterfly farm sangat mudah, kamu bisa menyewa mobil atau menggunakan kendaraan umum karena lokasinya 20 KM ke arah barat George Town. Untuk naik transportasi umum pilih  rute 6 di luar kota George dan terus ke barat sampai Teluk Bahang. Bus 101 berangkat dari Komtar ke Teluk Bahang setiap beberapa jam. Kamu juga bisa menggunakan bus hop on hop untuk sampai ke tempat ini.

  




















Jam buka
 09.00 am to 07.00 pm
Pemesan Tiket terakhir 05.30 pm

Getting Around The Entopia
From the entrance, You can  walk and look around

Harga
Dewasa 65 RM (13 years up)
Anak 45 RM (4 years to 12 years)

Contact
Entopia by Penang Butterfly Farm
No 830 Jalan Teluk Bahang
11050 Penang, Malaysia
Phone Number +604 8888 111
Email: Info@entopia.com


                                                MAP ENTOPIA PENANG MALAYSIA  

See you on my other adventure in Penang. 




Sampai jumpa lagi di pertulanganku yang lain di Penang.

Be traveler as the way you are


XOXO

3 comments

  1. If you are going for most excellent contents
    like me, simply pay a visit this website every day since it presents quality contents, thanks

    ReplyDelete
  2. I enjoy this fishfinder. Outstanding job. All in one app.

    ReplyDelete
  3. Promoting a portable Hummingbird Fishfinder.

    ReplyDelete