Explore Bandung 4 Hari, Kemana Saja?

explore Bandung 4 hari kemana aja


AsiaButterflyTraveler.com- Padahal ada keinginan bulan depan liburan ke Bandung. Namun, mengingat bawasanya covid 19 masih memburuk di Indonesia, terpaksa keinginan untuk liburan ke Bandung di tahan dulu. Kira-kira kalau liburan ke Bandung selama 4 hari, enaknya kemana aja ya? Teman pernah kepikiran tidak, kalau ada kesempatan untuk liburan ke Bandung selama empat hari, kira-kira mau kemana saja dan bagaimana mau mengatur jadwalnya?


Kalau aku, pengalaman tahun 2014 lalu ketika traveling ke Bandung sendirian, iseng mencoba pengalaman menjadi solo travel. Bahkan, aku belum pernah punya pengalaman traveling sendiri. Rupanya, Bandung itu sangat luas dan harus pandai mengatur jadwal dan lokasi tempat yang ingin dikunjungi. Catatan penting, ketika kita ke Bandung dan tidak menyewa kendaraan atau travel dan hanya menggunakan angkutan umum. Perlu diperhatikan waktu, sebab jam 5 sudah tidak ada angkutan kota yang beroperasi. Meskipun ada, tidak semua lokasi ada.


Nah, berdasarkan pengalaman itu, pilihlah tempat penginapan di kota atau tempat yang mudah dijangkau transportasi umum. Di hari pertama tiba di Bandung, aku lebih memilih menginap di sekitar alun-alun Bandung. Alasannya biar kalau explore alun-alun Bandung mudah dan praktis.


Ada apa saja di Alun-Alun Bandung?

Teman-teman bisa berkunjung ke alun-alun Bandung, kenapa? sebab alun-alun bandung merupakan lapangan hijau yang luas dan bahkan memiliki rumput sintesis jadi nyaman untuk bertelanjang kaki menginjak rumput tersebut.


Masjid Raya Bandung

Nah, bagi teman yang beragam Muslim atau non muslim juga bisa lho berfoto di halam masjid Raya Bandung. Bangunan masjid ini sangat menarik dengan kubah yang dicat warna keemasan dan menara yang berjumlah dua menjulang di setiap sisi. Bahkan, teman bisa membayar tiket untuk berada di menara dan melihat keindahan alun-alun dari atas menara.



Memori Asia-Afrika

Jujur, aku senang banget explore di Jalan Asia-Afrika selain lokasi ini menjadi saksi sejarah; masih banyak bangunan yang bertekstur pada zaman penjajahan Belanda. Kalau teman tiba di Bandung tidak pada hari senin, teman bisa berkunjung ke museum KAA ya. Museum ini banyak sekali koleksi benda foto yang terkait dengan kegiatan KAA.


Nah, lokasi Alun-alun tersebut bisa ditelusuri hanya dalam satu hari. Pastinya, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner yang ada di Alun-alun, maupun lokasi yang ada di Jalan Braga ya!


Hari ke 2

Sedangkan untuk hari kedua, kalian bisa berkunjung ke Kawah Putih! Ketika menuju Kawah Putih, jika teman menyewa mobil atau menggunakan travel. Jangan lupa untuk berkunjung ke Situ Patenggang, nah lokasi ini merupakan wisata danau yang disekelilingnya adalah kebun teh. Saat berkunjung ke Kawah Putih, sayangnya tidak sempat mampir ke sini dikarenakan hujan, dan susahnya mencari angkutan.


Jangan melupakan juga Ranca Upas yang merupakan tempat penangkaran rusa, bumi perkemahan, area untuk bermain, serta hutan lindung. Tidak sempurna jika berkunjung ke Bandung, tidak mampir ke perkebunan strawberry. Sebab, banyak sekali buah strawberry yang ada di wilayah Bandung. Duh, pengen explore Bandung lagi. Sabar, masih pandemik hahaha. Mudahan, ketika berkunjung ke sana, kondisi cuaca di Bandung tidak mendung!


Hari ke 3


Nah, tentunya beda lagi lokasi yang akan di explore. Kala itu, aku berhasil meninggalkan jejak di tiga tempat ketika tujuan utamanya adalah Tangkuban Perahu. Aku berkesempatan untuk melihat Bosscha, waduh sumpah keren sekali. Bahkan juga menikmati pemandian air panas, sehabis capek explore ke Tangkuban Perahu.


Hari terakhir ketika berada di Bandung, jangan lupa mengunjungi daerah Dago dan juga kalau masih ada waktu; teman bisa melihat air terjun yang ada di kawasan Dago. Duh, seru banget dan menyenangkan! Bandung itu benar-benar kota yang sejuk dan menyegarkan pastinya. Setelah menikmati waktu di Bandung, pasti fisik dan pikiran kembali segar.



Be traveler as the way you are


XOXO

No comments