Serunya Mango Sticky Rice di Phuket Thailand


AsiaButterflyTraveler.com|Be Traveler-Liburan dengan cuaca yang buruk bukan berarti menjadi batu sandungan untuk tidak merasa bahagia. Cuaca yang buruk selama liburan di Bangkok, Thailand, aku jadi tidak memiliki kesempatan untuk mencoba makanan jalanan alias street food gitu lho. Padahal, sebelum liburan aku sudah membuat list what to do and eat, salah satunya mango sticky rice. 


 Penasaran dengan salah satu menu ini, eh enggak nemu di Bangkok, aku malah menemukannya di pulau Phuket.  Terkadang, aku suka mencoba makanan yang berbeda saat liburan di suatu tempat, karena itu aku ingin banget mencoba makan Mango Sticky Rice yang terkenal di Thailand. 

 

Beruntungnya diri aku, aku menemukannya di Phuket. Itu pun tanpa sengaja lho saat pengen makan buah durian hahaha. Penasaran dimana aku bisa mendapatkan menu mango sticky rice ini? Aku menemukannya di Banzaan, fresh market di Phuket. Lokasi Banzaan Fresh market ini berada di dekat Patong beach dan harus berjalan sekitar 1 hingga 2 kilo meter dengan berjalan kaki. 

 

Aku sangat senang ketika ku menemukan lokasi ini. Aku tahu tempat ini karena salah satu staf agen tur memberi tahu aku tentang tempat ini. Kketika saya berbicara tentang ingin makan buah durian segar. Jadi, dia mengatakan kepada ku untuk menemukan buah durian di pasar ini dengan harga yang masih terjangkau. 


Ketika aku tiba di Banzaan, Fresh Market ini aku sangat terkejut karena aku menemukan banyak sekali “street food” di depan Pasar Banzaan. Pasar ini terletak di Sai Kor Road, tepat di belakang megamall Jungceylon, Patong. Aku menemukan makanan laut segar dan harganya tidak begitu mahal. Aku senang menelurusi lokasi ini. Aku sangat terkejut ketika aku melihat mango sticky rice di tempat ini. AKu tidak sabar untuk mencoba memakannya


Penjual sudah memasukkan beras ketan dan mangga ke dalam kotak kecil. Harganya sekitar 50 baht. Tidak terlalu mahal jika aku membandingkan dengan orang-orang yang sudah mencoba di Bangkok. Harganya mulai 100 baht. Jadi, aku memesan satu kotak di mana ketan sudah ada di dalam kotak dan juga irisan mangga segar. Penjual juga menambahkan satu santan kecil diluar box. Kemudian, aku mencoba menambahkan santan pada nasi kotak yang tercium bau irisan mangga segar di atas nasi ketan tersebut. Aku ingin tahu apa rasanya tentang makanan ini.

Jujur saja, terkadang aku takut untuk memakan hal-hal baru tetapi ketika aku merasakan makanan ini. Aku sangat menyukainya. Nasi ketan tidak terlalu keras dan mangga segar sangat enak. Santan tidak terlalu kental sehingga tidak terlalu buruk untuk menambahkan ke dalam ketan ini. Ini adalah menu tradisional yang enak di Thailand, Kamu dan aku harus mencobanya ketika  sedang liburan ke Thailand!



Be traveler as the way you are


XOXO

10 comments

  1. Mango Sticky Rice favorit banget di Thailand ini ya kak hehe. Aku kalo main ke Thailand pasti nyari ini hehe soalnya enak sih

    ReplyDelete
  2. Bahasanya jadi agak aneh ya kak.
    Ada kata Aku dan saya.
    Hehhehehe

    Akhirnya bisa nyicip mango sticky rice di negara asalnya ya kak.
    Walau gambarnya hanya sesendok.
    Tapi cukup membuatku penasaran ingin ikutan mencoba

    ReplyDelete
  3. yummi kak...mangga kalo divariasikan dgn makanan lain tetap enak ya

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah ke Thailand, tapi membaca tulisan ini kayaknya seru kalo jalan-jalan ke negara gajah putih ini.. semoga tahun depan kesampaian

    ReplyDelete
  5. makanan penutup yang aku bilang rasanya paling pas di lidah nggak tahu suak aja sama mango sticky rice padahal ini kan simpel banget

    ReplyDelete
  6. Pernah makan sekali, enak banget, tapi bukannya di Thailand sana, malah di Batam.

    ReplyDelete
  7. Favorite banget ini kalo lagi mampir ke Thailand. Btw, aku belun pernah tuh ke nightmarket yg itu, pengen nyoba kesana juga ah kapan-kapan

    ReplyDelete
  8. Sama lho, kak. Aku juga takut kalo nyoba2 makanan yang baru2. Tapi krn ini dr mango/mangga, kayaknya enak aja sih yaa..

    ReplyDelete
  9. Wah mango sticky rice... Bisa nih dicoba di rumah, dan kayaknya enyak segar gitu ya... Belum Pernah coba sih dan baru kali ini baca ulasannya langsung... Mamaci kk citra

    ReplyDelete
  10. Jangan salah, mbak. Makanan enak dan murah di Bangkok itu nggak cuma ada di street food. Kalau cuacanya hujan terus, jangan sedih. Tinggal cari mall lokal lalu meluncur ke food court. Aku bulan ini makan pad thai di salah satu mall, harganya cuma 55 baht. Enak, murah, porsi banyak.

    Bulan Mei lalu aku juga ke Phuket. Makanannya selalu hambar dan mahal, padahal udah beli di pasar malem dan kedai pinggir jalan sekali pun. Makanan Bangkok lebih juara. Mungkin karena Phuket itu touristy banget.

    ReplyDelete