4 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Anak


AsiaButterflyTraveler.com- Liburan sangat dibutuhkan dan diperlukan bagi setiap orang. Meskipun saat ini kondisi di Indonesia dengan issue Corona tentunya sangat memperhatinkan untuk berpergian saat ini. Namun, tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan bersama keluarga. Meskipun saat ini, kita mesti menerapkan social distancing bagi keluarga agar kita terhindar dari wabah covid-19 yang semakin gawat. Tentunya, sebagai orangtua harus mengetahui penanganan terhadap keluarga.


Terkadang membicarakan virus corona ini membuat lelah. Tidak ada salahnya, meskipun stay at home tidak membuat kita mati gaya atau ide. Bahkan bisa mendekatkan kita dengan keluarga maupun anak-anak. Sebagaimana biasanya hanya pada akhir pekan saja, kita berkumpul dengan keluarga. Namun, saat ini hampir setiap hari berkumpul. Pastinya, anak-anak akan merasa bosan dan uring-uringan. Bagaimana mengatasi anak agar tidak mudah bosan. Salah satunya dengan melakukan permainan bersama keluarga, menjalin komunikasi dengan anak seperti merencanakan liburan. Apabila kasus coronavirus sudah berakhir.

Aku selalu membayangkan liburan bersama seluruh keluarga pasti sangat melelahkan. Meskipun beberapa orang dengan mudah melakukannya. Namun, pada kenyataannya pasti banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, ketika liburan bareng keluarga. Nah,  untuk mengantisipasi perjalanan yang lelah dan panjang bersama anak. Kamu harus sudah mempersiapkan rencana agar perjalanan sempurna.

  Kebetulan beberapa pekan lalu, aku liburan bersama keluarga besar dan melihat bagaimana mereka mengatur liburan bersama anak-anak tetap menyenangkan. Walaupun perjalanan panjang lewat darat maupun udara. Tidak terlalu ribet seperti yang aku bayangkan di awal. Asalkan, semuanya sudah disiapkan dengan baik. Penasaran 4 tips apa saja yang akan aku berikan utnuk mempersiapkan liburan bersama anak tetap fun dan menyenangkan?

Merencanakan liburan bersama keluarga itu memang sangat menyenangkan. Meskipun terkadang apa yang direncanakan dan kenyataannya bisa terbalik jauh. Namun, ada juga yang bisa berjalan sesuai dengan rencana. Apa saja yang harus kamu perhatikan ketika merencakan liburan bersama keluarga?

#Jangan Terburu-buru dan Luangkan Banyak Waktu
 
Biasanya kalau jalan sendiri, pasti sukanya mepet waktu untuk melakukan pemeriksaan di bandara. Berbeda ketika liburan bersama anak-anak. Ada baiknya datang lebih cepat sebelum waktu check in pesawat berakhir. Apabila liburan dengan anak, datang lebih awal melakukan check in. Setelah urusan bagasi barang beres. Kamu memiliki waktu luang bersama anak-anak. Anak-anak bisa bermain di ruang tunggu bandara. Biasanya ada beberapa bandara yang menyediakan tempat permainan untuk anak.

Bayangkan ketika membawa anak, kamu hanya menyediakan waktu sebentar. Padahal, membawa anak itu kita tidak pernah tahu perubahan moodnya setiap waktu. Padahal, kita harus melewati beberapa proses sebelum naik pesawat seperti Check in di bandara; Melewati keamanan; Membeli makanan ringan dan minuman (Namanya juga anak-anak, ketika melewati beberapa tempat makanan. Pasti, mereka minta dibelikan makanan dan minuman). Lalu, naik ke pesawat. Bayangkan jika waktunya singkat, tentunya akan banyak sekali drama yang berujung anak nangis dan fatal bisa ketinggalan pesawat. Tentunya, kamu tidak ingin ada banyak drama dalam penerbangan ketika liburan bersama keluarga bukan?

#Jangan Terlalu Banyak Bawa Barang
Tidak heran, apabila ketika packing atau mengemas barang terkadang kita membawa barang berlebihan tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Sejak, salah satu penerbangan di Indonesia menetapkan harga bagasi tinggi di dalam pemesanan tiket. Maka, disitu kita dibuat bijak untuk tidak membawa barang terlalu banyak. Bawalah barang-barang yang familier untuk membuat rutinitas kamu konsisten dan kamu juga membawa barang yang kamu butuhkan.


Jangan membawa banyak permainan atau mainan anak-anak. Sebab, akan ribet mengemas. Ada baiknya suruh anak pilih satu atau dua mainan yang ingin dibawanya ketika liburan. Beri tahu anak-anak, mereka akan liburan dan tidak bisa membawa semua mainan favoritenya ke dalam tas yang akan mereka bawa. Apabila liburan panjang, tidak ada salahnya membeli permainan baru ketika sudah berada di lokasi tujuan.

Sebab, pada dasarnya semakin sedikit barang yang dibawa maka akan semakin mudah kita mengemas barang bawaan untuk liburan.  Sehingga, semakin banyak ruang kosong yang bisa digunakan untuk tempat oleh-oleh ketika liburan.

#Makanan Ringan, Jangan Sampai Terlupakan
Aku selalu memperhatikan sepupu aku selalu menyiapkan makanan ringan dalam tasnya. Hal itu bertujuan untuk menghindari anak rewel karena kelaparan atau bosan selama dalam perjalanan, seperti di bus, mobil atau pesawat. Membawa makanan ringan benar-benar bisa membuat keluarga merasa bahagia.

 Tidak heran memang kalau dalam perjalanan bersama keluarga selalu sedia banyak cemilan. Sebab, kita tidak pernah tahu berapa lama perjalanan; apakah pesawat delay. Belum lagi melanjutkan perjalanan darat usai dari udara. Pasti, anak sudah mulai merasa bosan dan lapar; dikarenakan perjalanan panjang.

Anak yang lapar biasanya lebih cendrung rewel. Itu sebabnya membawa cemilan sangat penting untuk mempersiapkan perjalanan liburan bersama anak tidak menjadi malapetaka yang membuat kita merasa stress. Dikarenakan tingkah pola anak yang tidak bisa ditebak.

 #Bepergian Dengan Obat-Obatan
Sebagai orangtua yang bijak, pasti paham sekali bagaimana perjalanan bisa membuat anak menjadi mudah sakit. Nah, paling penting untuk mempersiapkan senjata sebelum berperang. Obat-obatan dasar untuk anak sangat diperlukan, sebelum melakukan perjalanan. Membawa obat-obatan untuk anak dan keluarga sangat perlu. Setidaknya, kita sudah melakukan persiapan yang optimal untuk menghadapi keadaan yang tidak terduga.

Bisa saja anak tiba-tiba mengalami mabuk laut atau udara. Bahkan alergi terhadap makanan. Jika sudah menyediakan perlengkapan obat-obatan yang biasa digunakan oleh anak. Tentunya, kita tidak menjadi cemas berlebihan untuk mencari toko obat atau pharmacy terdekat.

 Obat-obatan apa saja yang bisa diizinkan lewat ketika kita liburan keluar kota atau Negara? Biasanya obat dasar seperti Obat sakit kepala, Obat alergi, Obat sakit perut, Obat pencegah mabuk perjalanan dan lain-lainnya. Jadi obat ini diizinkan untuk dibawa berpergian meskipun tanpa resep dokter.

Nah itu merupakan beberapa tips yang bisa aku berikan untuk saat ini. Padahal ada banyak sekali tips agar perjalanan liburan bersama anak tidak terganggu. Namun, untuk saat ini aku bagikan 4 saja dulu ya, sisanya akan dibagikan untuk artikel berikutnya tahun depan. Biar sekarang dan nggak bosan, boleh dong di share artikel ini. Siapa tahu usai virus corona, ada banyak keluarga yang sedang merencanakan liburan seperti di Jakarta, Malang. Dimana pun itu yang paling penting adalah menjaga keharmonisan dalam keluarga.
 


Be traveler as the way you are


XOXO

12 comments

  1. Semoga corona cepat berlalu dan kita bisa liburan bersama keluarga. Liburan membawa anak-anak nih susah-susah gampang ya kak,kalau pas bad moodnya kumat bisa buyar agenda mendengar rengekannya. Trims tips nya kak, bisa dicobain deh nanti

    ReplyDelete
  2. Tips yang paling mengena di anak-anak kami adalah makanan ringan mba.. hihihi
    Jangan sampe deh kalo pergi bawa mereka 5, gak ada bawa makanan. Bakalan rewel. Karena pas mulutnya lagi ngunyahin makanan, mereka anteng semua.. hahaha

    ReplyDelete
  3. Semua tipsnya benaaaaaaar. Poin yg bawa jajanan di mobil itu bagi saya satu kewajiban karena anak dan suami saya perut karetttt semua. Kekeke. Sama botol air minum tentunya ya mba.

    ReplyDelete
  4. Ahiya ya, mak. Kenapa ga kepikiran sama ipeh ya. Bagus juga nih disambi bikin rencana liburan plus jadwalnya. Mumpung lagi banyak di rumah jadi bisa sambil ngerencanain bareng anak ya. Good idea banget, mak. Izin ngikutin yaaa

    ReplyDelete
  5. Nah bener nih blm.bisa kalo.liburan ga bawa banyak barang..kayaknya satu lemari mau dibawa semua kalo.liburan wkwkw

    ReplyDelete
  6. wah tipsnya okee nih mba, emang lumayan repot ya bawa anak-anak, tapi kalau kita mempersiapkannya dengan matang, pasti lebih mudah ya dan gak ribet juggaa.

    ReplyDelete
  7. Kalau liburan dengan anak makanan ringan memang gak bisa ketinggalan ya Mbak. Pasalnya perjalanan akan cukup membosankan kalau tidak ada yang bisa dikerjakan. Hei, ngemil itu kan juga kerjaan ya

    ReplyDelete
  8. Setuju dengan jangan bawa barang yang banyak kl liburan. Scr kayak keluarga kami udah banyak membernya, kl terbebani banyak barang lg yg ada malah ketinggalan seperti tahun lalu. Satu box besar oleh2 kelupaan di kursi gate airport huhuu

    ReplyDelete
  9. Tipsnya akan aku terapkan di kemudan hari mbak, memang selama ini aku salah saat liburan dengan keluarga. aku seringmembawa banyak barang sehingga tidak fokus liburan karena keberatan bawa barang.

    (https://behangat.com)

    ReplyDelete
  10. Benar banget tuh mbak. Bepergian sama anak kemungkinan nggak bisa ngunjungin banyak tempat dalam satu hari karena kita harus mikirin kondisi fisik anak supaya nggak sakit. Walaupun memang rempong tapi saya ikut bahagia kalau bisa memberikan memori indah dalam masa kecilnya dengan berlibur bersama.

    ReplyDelete
  11. Saya tipe orangbyang irit bawa barang saat liburan. Bahkan pernah seminggu di Bali cuma bawa satu tas aja, wkwkwk. Dan kebiasaan ini lanjut juga pas udah berkeluarga. Tapi biasanya nenteng oleh-olehnya yg banyak waktu pulang

    ReplyDelete
  12. Paling repot kalo liburan keluarga itu bawaan yg seabrek. Segala dibawa jadinya repot selama di perjalanan. Tipsnya bisa dicoba nih,Mbak. Makasih yaa

    ReplyDelete