Menikmati Beragam Kolesi Mobil di Museum Angkut Batu


AsiaButterflyTraveler.com- Aku ingat tahun 2014 lalu, ketika aku liburan ke Batu, Malang. Aku menyempatkan diri melirik Museum Angkut. Namun, sayang aku tidak masuk ke dalam. Aku hanya melihat sekelilingnya saja. Aku memutuskan masuk ke dalam museum topeng dan makan di Pasar Apung.  Aku merasa sangat bahagia kala itu, meskipun liburan aku singat dan aku hanya menikmati waktu di area Museum Angkut.



Tahun ini, aku mencoba kembali liburan ke Batu, Malang. Aku sudah memutuskan dari awal untuk menikmati Museum Angkut. Beberapa anggota keluarga, kala itu juga sudah setuju untuk menghabiskan waktu di Museum Angkut. Sesungguhnya, harga tiketnya terasa sangat mahal dan tidak seperti yang aku bayangkan. Satu orang, kami harus mengeluarkan biaya sebesar 100,000 IDR. Jika membawa kamera DLSR atau kamera pket juga dikenakann biaya tambahan sebesar 30,000 IDR. Saat membeli tiket, aku berpikir kenapa ya harga sebuah tempat yang bernama museum bisa sangat mahal seperti ini untuk tiket masuknya.



Ketika aku melangkahkan kaki ke dalam gerbang museum angkut, staff yang menjaga gerbang pintu masuk memberikan stiker pada pergelangan tanganku. Musuem angkut ini berada di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Museum angkut ini dibuka jam petang hari, tepatnya sekitar jam 12.00 sampai jam 08.00 malam, setiap hari. Jadi jangan kuatir, jika kamu ingin mengunjungi tempat ini untuk bersenang-senang. Setiap menit yang kamu luangkan di dalam museum angkut ini sangat berharga. Mungkin, kamu berpikir apa yang dimaksud dengan angkut. Angkut itu adalah transportasi. Jadi, musum ini memiliki beragam perlengkapan transportasi.


Bolehkah, aku bertanya apa yang ada di dalam benak kamu ketika kamu mendengar tentang transportasi? Tentu saja, itu akan banyak sekali kendaraan seperti beragam jenis mobil, angkutan kota. Sejujurnya, aku suka sekali salah menulis nama museum angkut ini menjadi museum angkot. Padahal di dalam museum ini, tidak hanya angkutan kota saja, tetapi beragam transportasi darat maupun udara. Kamu akan menemukan beragam koleksi transportasi dari yang unik, klasik hingga modern. Museum angkut ini tidak hanya memamerkan transportasi yang ada di Indonesia, tetapi juga transportasi luar negeri. Dimana kamu akan sangat menyukainya, ketika mengelilingi museum angkut ini dengan berbagai macam koleksi yang dipamerkan.



Museum angkut ini menyediakan sekitar 300 koleksi transportasi. Setiap jenis koleksi di museum angkut ini mulai dari tradisional hingga moderen. Dimana, museum angkut ini dibagi menjadi beberapa zone. Setiap zona atau area memiliki beragam style dan latar belakang. Background yang ada di Museum Angkut ini mulai dari gedung Asia, Eropa hingga Amerika. Ketika kamu tersesat atau berada di zona Eropa, kamu akan menemukan berbagai macam mobil vintage. Kebanyakan area di Eropa ini disetting tahun 1800-1900 ala gaya Prancis.



Yang paling aku suka itu ketika berada di zona Asia, tepatnya di bagian transportasi umum dan pesawat. Aku tidak ingat dengan jelas, nama zonanya. Aku hanya ingat, aku melihat beberapa transportasi jadul. Bahkan transportasi sebelum aku lahir ke dunia ini. Keren banget kan! Koleksi angkutan uum mulai dari becak, sejujurnya ketika aku melihat itu. Pikiran aku kembali pada masa ketika aku kuliah di Yogyakarta, dan sebagain besar aku selalu menggunakan becak sebagai transportasi umum untuk pergi ke Malioboro. Ketika aku melihat latar belakang becak tersebut, tertuliskan juga jalan Malioboro. Entah kenapa, wajah aku tersenyum dengan sendirinya.



Aku meluangkan waktu dengan perlahan di setiap zona, sebab semuanya itu sangat berarti. Hampir setengah hari aku mengelilingi museum angkut ini. Meskipun harganya mahal, tetapi sesuai dengan apa yang kita dapatkan. Aku juga meluangkan waktu sedikit lebih lama di bagian pesawat. Aku juga duduk di kursi, tempat presiden duduk di dalam pesawat presiden itu. Keren sekali bukan dan aku tidak pernah memimpikannya juga. Walaupun demikian, itu hanya pesawat simulasi, tetap asaja aku merasa senang dan bisa menikmati pesawat VIP tersebut mulai dari bangku yang nyaman, hingga ruang makannya. Di beberapa area atau zona museum angkut, managemen museum angkut sudah menyediakan beberapa staff yang siap sedia menolong beberapa pengunjung untuk mengambil photo. Jadi, tidak usah kuatir, jika kamu pergi liburan seorang diri ketika berkunjung ke Museum Angkut. Kamu tidak akan memiliki persoalan untuk mengambil gambar di setiap zona Museum Angkut.

Related Post

Bagaimana pendapatkan orang setelah berkunjung ke museum angkut yang berada di Batu, Malang ini ya? Apakah kamu penasaran juga dengan pendapat mereka! Mari, kita beberapa pendapat orang yang membicarakan museum angkut ini.



Mr A: Ini sangat menyenangkan untuk melihat sisi bagian pendidikan pada museum angkut ini. Beberapa kendaraan dan juga mobil yang ada di sana sangat menarik. Banyak spot photo dan tepatnya juga tidak terlalu ramai.

Miss B: Orang-orang bilang tempat ini sangat menyenangkan dan juga besar untuk sebuah museum mobil di Indonesia. Tentu saja, pendapat mereka benar dan aku setuju. Tempat ini memiliki beragam mobil yang bisa dilihat, khususnya mobil Amerika tahun 50 hingga 60-an.


Mrs C: Musim ini memiliki banyak sekali sejarah mengenai kendaraan seperti mobil dan juga motor. Mereka memiliki banyak koleksi mobil tua dan juga motor. Bahkan juga ada koleksi pesawat terbang. Aku suka sekali meluangkan waktu di Museum Angkut ini

Wong Jowo: Aku tidak pernah bosan mengunjungi musum angkut ini. Aku suka bagian kereta api, karena aku masih kecil, jadi aku bisa menggunakan kereta apinya.

Related Post


 Museum Angkut Batu, Malang, Indonesia
Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Batu City, East Java 65314
Dibangun 9 March 2014
Jam Operasional setiap hari di mulai pukul  12.00 pm sampai jam 08.00 pm malam.

Sejujurnya, aku suka banget menyaksikan carnival atau parade di Musuem Angkut. Beberapa orang menggunakan pakaian kostum. Kebanyakan dari mereka memakai kostum pahlawan dan juga kartun. Tentunya, itu sangat menggembirkan. Kita menari bersama dan juga menggambil beberapa photo selfie dengan mereka.


Tidak kah kamu merasa lapar ketika meluangkan waktu sepanjang hari atau setengah hari di museum angkut, soalnya tempat ini bukanya siang hari. Tentu saja, aku merasa lapar, jangan kuatir! Kamu bisa makan, sebab di beberapa tempat mereka menyediakan warung atau stand makanan atau café. Kamu juga bisa makan di Pasar Apung dan kembali lagi ke Museum Angkut tidak ada masalah, selama kamu masih menggunakan tiket tanda masuk di pergelanggan tangan kamu dan tiket itu tidak rusak.


Ketika aku mengunjungi museum angkut ini, aku makan di cepat saji di dekat zona Las Vegas ssebelum parade di mulai. Harga makanan di dalam area museum angkut ini masih terjangkau. Kita juga makan ice cream jadul dan juga kembang gula yang dibentuk kartun. Kita benar-benar meluangkan waktu dengan penuh kegembiraan dan senyuman. Setiap zona di museum angkut ini, kita selalu mengabadikan momen dan menjadi bagian koleksi photo. Aku bertaruh kamu juga akan melakukan hal yang sama untuk menyimpan kenangan yang indah ketika liburan ke Batu, bukan?


Jika kamu berpikir artikel ini berguna dan membuat kamu ingin berkunjung ke museum angkut di Batu, Malang. Maukah kamu membagikan artikel ini di sosial media milik kamu atau membagikan link kepada teman kamu yang ingin liburan ke Batu, Malang. Mereka pasti akan berkunjung ke museum angkut ini. Museum angkut ini merupakan tempat terbaik di Batu untuk berkeliling dengan cara perlahan untuk menikmati setiap momen yang ada di tempat ini. 


Based Experience Butterfly Traveler
Bagaimana Pelayanannya?
Bagus, aku memberikan bintang 5
Bagaimana harga tiket masuknya?
Mahal tetapi sesuai lah.
Apa yang kamu rasakan, ketika berada di dalam?
Aku merasa bahagia, makanya aku beri bintang 5
Apakah kamu akan merekomendasikan tempat ini?
Ya
Apakah kamu akan kembali lagi?
Ya
Apa yang paling kamu sukai di tempat ini?
Paradenya dan juga zona Eropa, karena aku belum pernah ke Eripa dan aku suka latar belakang setiap tempat yang ada di Museum ini.


YOUTUBE CHANNEL


The Map of Museum Angkut (Transportation Museum)




Be traveler as the way you are


XOXO

No comments