Akses Gratis 4 Pantai Bintan



AsiaButterflyTraveler.com- Tidak kah kamu merasa bosan hanya tinggal di rumah saja. Jujur, aku sudah merasa bosan sejak beberapa waktu lalu, tetapi jika itu yang terbaik bagi kita mengapa tidak. Ketika tidak banyak hal yang dilakukan di luar, aku membuka folder album lama dan menemukan beberapa phota yang menyenangkan. Ketika aku liburan di tempat aku tinggal yakni Pulau Bintan. Maklum kisah perjalanan (The Journey) aku belum banyak. Ada keinginan juga sejak lama untuk berkunjung ke PulauKomodo, tetapi masih belum kesampaian. Ya sudah, aku lihat-lihat koleksi photo album aku yang kebanyakan berisi pantai. Makanya, aku ingin menulis mengenai pantai yang ada di Bintan, tetapi akses pantai yang GRATIS aja ya.
By the way, apakah kalian tahu di mana itu Pulau Bintan? Kebanyakan dari kamu pasti akan menjawab pernah mendengar, tetapi tidak tahu dimana tepatnya Pulau Bintan itu! Aku kasih tau ya, Bintan itu merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Lokasi pulau ini tidak jauh dari Singapura. Oleh sebab itu tidak heran memang jika banyak turis dari Singapura yang datang ke Pulau Bintan. Dalam area pulau yang luas ini, ada satu area khusus untuk wisata dan harganya selangit (hihi) kalau untuk kantong freelancer seperti aku. Nah, nama areanya adalah LAGOI. Sebab, area ini berdiri hotel bintang lima yang paling banyak. Bagaimana untuk bisa liburan ke Pulau Bintan?  Kamu bisa terbang dari Jakarta ke kota Tanjungpinang (yang merupakan bagian dari Pulau Bintan). 


 Ini merupakan beberapa pantai terbaik menurut versi Asia Butterfly Traveler yang sudah pernah dikunjungi dan kamu pastinya akan menyukai meluangkan waktu di pantai-pantai yang ada di Pulau Bintan. Baiklah, ini dia versi terbaik berdasarkan pengalaman Asiabutterflytraveler.com untuk free akses pantai yang ada di Pulau Bintan. Ada beberapa pantai di pulau Bintan yang memang harus membayar untuk masuk menikmati waktu di pantai. Kali ini yang GRATISAN, jadi ngak perlu bayar tiket.

Pantai Trikora
Bisa aku katakana pantai Trikora merupakan pantai terpanjang di Pulau Bintan, karena pantai ini memiliki beragam nama seperti Pantai Trikora 1 hingga Pantai Trikora 5. Paling aku suka itu kalau liburan ke pantai Trikora untuk bersantai yakni Pantai Trikora 3. Di Pantai ini ada banyak sekali batu besar dan jug apasir di pantai ini sangat lembut dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.
 
Pada waktu tertentu atau bulan tertentu jika kamu berkunjung ke Pantai Trikora, kamu bisa melihat bayak sekali rumah kelong. Rumah yang dibangun di atas laut, dimana rumah ini merupakan tempat nelayan untuk memasang jaring mereka untuk menangkap ikan kecil. Ikan teri itu kan kalau berenang selalu berombongan. Nah, di musim tertentu kelong ini akan menyebar di beberapa pesisir pantai Trikora. Tentunya, pemandangan ini sangat menakjubkan untuk background photo untuk di posting di social media. Soalnya unik banget!
 
 Lokasi: Trikora, Kawal, Gunung Kijang, Bintan, Indonesia

Pantai Sakera
Sejujurnya aku suka banget melihat sunset atau mentari terbenam di pantai ini. Pemandangan sunsetnya di Pantai Sakera ini sangat keren sekali. Bisa dikatakan Pantai Sakera ini merupakan pilihan terbaik untuk dikunjungi, selain pemandangan sunset, pantai ini juga indah sekali. Sebagaimana biasanya pemandangan pantai, pantai ini sangat indah dengan pasir putih dan ombak. Meskipun frekuensi ombak di sini tidak sebanyak pantai lain yang ada di Pulau Bintan. Tempat ini sangat damai untuk memandang sunset, karena memang pantai ini berlokasi di bagian timur Pulau Bintan. Sehingga pemandangan matahari tenggelam sangat magic terbentang di langit.

 
 Berhubung ini merupakan pantai gratis, sehingga tidak heran jika banyak sekali orang yang datang setiap akhir pekan untuk menikmati liburan mereka. Biasanya, mereka membawa keranjang makanannya sendiri sambil menikmati panorama matahari tenggelam. Anak-anak bermain di tempat bermain. Jangan kuatir, jika kamu datang tanpa membawa bekal makanan. Sebab, kamu bisa membeli beberapa makanan di restauran atau warung lokal di pesisir pantai dan rasa masakannya juga enak.
 
Lokasi: Jalan Mangar, Tanjung Uban Utara, Utara Bintan

Pantai Logoi Bay
 
Pantai Lagoi Bay ini merupakan pantai di area lagoi yang bebas dikunjungi. Jadi banyak orang akan datang ke sini untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga. Pantai ini sangat berbeda dengan pantai yang ada di Pulau Bintan, karena pantai ini dibangun dan di design oleh salah satu bagian dari manajemen BRC. Sehingga pantai ini terlihat seerti Bali Beach Walk di area Kuta. Jangan kuatir, kamu bisa menikmati waktu kamu di pantai ini. Pasir putih dan juga pemandangan dengan banyak pohon kepala akan memanjakan follower kamu di Instagram.

 
 
Lokasi: Sebong Bay, Bintan, Kepri, Indonesia

Pantai Sri Anjana  
Pantai ini masih merupakan bagian dari pulau Bintan, tetapi tepatnya lokasi pantai ini berada di kota Tanjungpinang. Masyarakat setempat menyebut Pantai ini Tanjung Siambang. Tempat ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi, karena angin begitu lembut menyentuh kulit telanjang kita. Di kawasan pantai ini kamu juga bisa menemukan beberapa orang yang mencoba mencari makanan laut seperti ikan. Pantai ini ombaknya tidak besar, pasir berwarna putih, dan lembut. Sehingga pantai ini cocok untuk  bersantai bersama keluarga.
 
Apakah kamu tahu manfaatnya jika kamu suka menghabiskan waktu di pantai untuk kesehatan kamu?

Mudah bernafas
Air asin baik untuk kamu jika kamu kesulitan bernapas. Apakah kamu menderita sinus? Udara di dekat air diisi dengan ion yang meningkatkan penyerapan oksigen di paru-paru, sehingga pernafasan kamu jadi  lebih dalam dan membantu menyeimbangkan tingkat seratonin.

Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik
Jujur, aku merasa sangat mengantuk saat berada di pantai. Alasannya karena ombak pantai seperti musik di telingaku; angin lembut membuat mataku begitu berat untuk dibuka. Jadi itu bagus untuk kesehatan aku. Setelah pergi ke pantai, aku juga lebih mudah tertidur ketika tiba di rumah. Aku merasa sepererti balita sangat mudah bagi aku untuk tertidur. Apakah kamu tahu berolahraga dan bersantai di pantai adalah obat alami untuk insomnia. Itulah sebabnya, setelah pergi ke pantai, tubuh kamu jadi mudah untuk tidur.

 Ayo pergi ke pantai, tetapi jangan pergi saat ini ya. Perginya lain kali aja, saat ini lebih baik tinggal di rumah sampai virus korona hilang di Indonesia. Lebih baik kita menempatkan kondisi ini dalam doa kita setiap kali kita berdoa. Apakah kamu setuju dengan aku? Mari berbagi artikel ini dan mungkin teman kamu ingin mengunjungi pulau Bintan dan mereka bisa mendapatkan informasi  manfaat pergi ke pantai, khususnya Pantai pulau Bintan yang bebas akses tanpa BAYAR.

 



Be traveler as the way you are


XOXO

14 comments

  1. Ya ampun kak jadi kangen mantai sy efek bosen dirumah aja wkwkwk..emang mantai itu banyak manfaatnya dan baik untuk kesehatan tagline yg terkenal "vitamin sea" hahaha..btw saya baru tau di Bintan ada pantai dengan akses masuk terbuka untuk umum .krna yg sy baca Bintan itu bnyk pantai yg dikapling2 jadi resort gitu kak dan HTM nya jd mahal..Tapi ternyata banyak yg free juga ya..untunglah diinfokan kakak yg tinggal di sana . Jadi ga sabar pengen mantai lagi dan ke Bintan pastinya..semoga ini wabah cepat berlalu deh

    ReplyDelete
  2. Pantesan tiap ke pantai bawaannya ngantuk terus. Akhirnya pilih leyeh2 di kursi malas tepi pantai. Tidur2 ayam menikmati angin pantai yang sepoi - sepoi. BTW, air lautnya tampak keruh ya, Kak.

    ReplyDelete
  3. Daku jadi pengen liat rumah kelong jugaaa. Ah, kangen mantai. Kayanya asik nih, setelah semua berlalu terus mantai. Nikmatin udara pantai

    ReplyDelete
  4. kangen sekali diriku dengan pantai hahah, sudah lama banget enggak ke pantai. duh ini obat banget sih main-main ke pantai. cakep ya pantai bintan, semoga suatu saat main-main ke pantai bintan.

    ReplyDelete
  5. Baca ini jadi kangen pantai. Kayaknya emang butuh vitamin sea, hehehe. Tapi mesti sabar emang karena sedang ada wabah. Pulau Bintan cantik banget ya pantainya semoga suatu hari bisa kesana juga. Aaamiin

    ReplyDelete
  6. Serasa ingin ngajak anak2 juga nih kak ke Pantai Tanjung Siambang itu, coz pasirnya lembuuut di kaki kita ya kann...jd friendly buat anak2

    ReplyDelete
  7. Pantainya cakep yaa, jadi pengen juga merasakan semilir angin sepoi-sepoi ditambah suara deburan ombak waaah seruu

    ReplyDelete
  8. Aih, kok jadi pengen Mantai gini juga ya. Duduk di atas tikar dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi beneran surga dunia ya kak citra.

    Bintan berkaitan dengan Singapura ya Kak? Wah liburan ke sana Jadi berasa bukan ke luar negeri Ya saking dekatnya Wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Baca ini jadi pengen ke pantai lagi, pantai yang pernah aku kunjungi baru parang tritis, di sana juga asik . tapi kalo siang hari panas

    ReplyDelete
  10. Kak Citra, liat album Poto lama begitu pasti makin baper donk kepengen ke pantai nya..


    Meskipun kalo ke pantai bikin sunburn, aku suka tawa riang anak-anak saat main bersama ombak. Mereka tiduran di pinggir pantai lalu menunggu ombak datang menerpa. Biasanya pas ombaknya tinggi, mereka bakalan ketawa meskipun mulut sama hidung kemasukan air . Haha..

    Kak, btw,
    Lagoi bay sama pantai lagoi yang berbayar itu jaraknya dekat gak kak?

    ReplyDelete
  11. Karena kampung saya di pesisir pantai, banyak juga pantai yang bagus di kampung kami, cuma kadang ramainya pas hari libur saja, dan sampai sekarang juga belum ada biaya retribusi buat masuk ke sana, mudah-mudahan gak pakai bayar-bayar deh biar orang banyak yang datang

    ReplyDelete
  12. Nama Pantai Trikora apakah ada hubungannya sama Tri Komando Rakyat gak ya, mbak?

    ReplyDelete
  13. Bintan ini sudah jadi destinasi internasional ya mba, karena letaknya strategis. Saya pribadi belum pernah ke sana, tapi selalu tertarik membaca review blogger-blogger yang pernah berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  14. Kayaknya bahagia banget ya Kak kalau bisa ngajak anak-anak jalan-jalan seseruan di alam begitu. Jadi anak-anak juga bisa banyak belajar dari alam.

    ReplyDelete