Berburu Kuliner Pisang Gapit Kalimantan

pisang gapit kalimantan

AsiaButterflyTraveler.com-Siapa di sini yang tidak mengetahui PISANG GAPIT? Wah, berarti anda kurang berburu kuliner. Coba deh pergi ke kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang kedepannya akan dijadikan Ibukota Indonesia. Di sana ada banyak sekali kuliner yang enak dan lezat, pastinya! Jujur, aku sudah lama tidak menginjakan kaki di Balikpapan. Hal yang sudah direncanakan, ketika liburan ke sana adalah berburu kuliner, dan salah satunya adalah pisang gapit.

 

Pisang gapit adalah pisang yang dibakar menggunakan arah. Kemudian di gapit dengan alat sederhana. Disajikan dengan bumbu manis, yang mana menciptakan sensasi kuliner yang unik. Nama pisang gapit ini memang unik, pastinya namanya diambil dari proses pembuatan pisang gapit itu sendiri.  Nah, makanan ini sudah pernah ku kecap, ketika aku masih kecil. Jadi, sudah pasti aku sangat merindukan mencoba makan pisang gapit yang enak.

 

Pertama kali, mencoba pisang gapit yang berlokasi di Melawai. Aku kurang suka dengan warna kuahnya yang kurang kecoklatan dan cita rasanya sangat berbeda. Untung saja, aku berjumpa dengan salah seorang teman blogger, sista Dian. Dia mengajak aku ke kebun sayur. Dimana di sana ada tempat legend pisang gapit dijual. Tempatnya, memang tidak fancy, berada di pinggir jalan dan simpang empat. Namun, cita rasa pisang gapitnya sudah terkenal turun temurun.

 

pisang gapit kalimantan

Alhasil, aku pun ke sana dan mencoba pisang gapit yang dijual di kebun sayur tersebut. Cukup lama untuk mendapatkan pelayanan di sana, soalnya antri dan banyak sekali orang yang membeli pisang gapit di sini. Akhirnya, setelah penantian yang penuh dengan kesabaran. Pisang gapit pun terhindang di meja.

 

Aroma pisang yang dibakar menggunakan arang itu membuat, pisang gapit ini tercium aroma manis dan juga gosongnya sih. Setelah itu, pisang gapit pun dipotong-potong dan kemudian diberi kuah yang berwarna kecoklatan. Dimana rasa kuah ini bertekstur kental, manis dan gurih. Bahkan, ada potongan buah nangka pada kuah tersebut. Nah, nikmati deh pisang gapit legend yang ada di kebun sayur. Yang kononnya, resep ini sudah turun temurun dan rasanya tak pernah berubah. Duh, jujur; aku suka banget degan pisang gapit legend satu ini yang berlokasi di kebun sayur. Apakah kamu mau mencoba juga pisang gapit satu ini?

 pisang gapit kalimantan

Namun, soal pelayanannya.. aku berikan bintang 1,5 ya. Soalnya penjualnya jutek habis hahaha. Baik neneknya maupun anaknya sama-sama tidak ramah. Namun, so far untuk pisang gapitnya adalah pisang gapit terbaik di Balikpapan.

  

 Based Experience Butterfly Traveler

Bagaimana pelayanannya?

Lambat jadi aku kasih Bintang 1,5 saja

Bagaimana dengan Citra rasa makanannya?

Sempurna, aku kasih Bintang 5 

Bagaimana dengan jenis makanannya?

Tidak banyak, karena memang hanya spesial menjual pisang gapit 

Apakah kamu merekomendasikan tempat ini?

YES

Apakah kamu mau balik lagi?

YES

Bagaimana design restauran ini?

Pisang gapit ini tempatnya berbentuk warung pinggir jalan. Jadi desainnya biasa saja, karena hanya tersedia dua meja dan empat bangku panjang. Plus satu kipas angin.

 

Alamat Pisang Gapit Kebun Sayur

Jalan Marga Sari, Baru Ilir

Kecamatan Balikpapan Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur

Contact Number: -

Jam Operasional

Setiap hari mulai Jam 10.00- 21.00

 

YOUTUBE CHANNEL

 

 

Peta Pisang Gapit Kebun Sayur

XXX


Be traveler as the way you are


XOXO

No comments